Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:53:11ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-22T02:05:40Z2019-01-29T21:32:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17289This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/172892015-04-22T02:05:40ZTOPIK PEMBICARAAN DAN FUNGSI BAHASA DALAM AKUN TWITTER @INIPURWOKERTOPenelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan topik pembicaraan dalam update status akun Twitter @iniPurwokerto dan (2) mendeskripsikan fungsi bahasa dalam update status akun Twitter @iniPurwokerto .
Subjek penelitian ini adalah status yang diupdate admin dalam akun Twitter @iniPurwokerto sejak awal Agustus 2014 sampai awal September 2014 yang berjumlah 139 update status. Objek penelitian ini adalah topik pembicaraan dan fungsi bahasa yang terdapat dalam update status akun Twitter @iniPurwokerto. Data diperoleh dengan metode simak dengan teknik lanjutan simak bebas libat cakap (SBLC). Data dianalisis dengan metode padan. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, ditemukan tiga belas topik yang terdiri dari dua puluh sembilan subtopik pembicaraan yang diupdate admin dalam akun @iniPurwokerto. Dalam penelitian ini subtopik dikategorikan dalam tiga kategori yaitu, rendah, sedang dan tinggi. Berdasarkan tingkat intensitas pembahasan masing-masing topik, ditemukan tiga subtopik dalam kategori sedang dan dua puluh enam subtopik dalam kategori rendah. Subtopik dengan kategori rendah sangat dominan dikarenakan sebagian besar penyampaian topik-topik pembicaraan dalam status yang diupdate admin sangat sedikit atau pembahasan mengenai suatu topik sangat sempit. Kedua, fungsi bahasa dalam update status akun Twitter @iniPurwokerto dikategorikan dalam dua fungsi bahasa, personal dan impersonal. Kategori fungsi personal didominasi oleh fungsi representasi dikarenakan akun @iniPurwokerto merupakan sebuah akun yang dibuat untuk city branding dan bertujuan untuk menyampaikan berbagai informasi mengenai kota Purwokerto dan sekitarnya. Selanjutnya, dalam kategori impersonal didominasi oleh fungsi kebudayaan. Hal tersebut sehubungan dengan Banyumas dan Purwokerto merupakan sebuah kota yang memiliki kekayaan budaya yang melimpah.Dwi Puji Rahayu