Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:03:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-09T02:48:01Z2022-12-29T01:51:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12491This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/124912015-03-09T02:48:01ZPengaruh Komunikasi Organisasi, Iklim Organisasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Maluku TenggaraPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi organisasi, iklim organisasi, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausal-komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara yang berjumlah 220 orang. Jumlah sampel sebanyak 140 guru yang diambil dari 10 sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert sebagai data primer, wawancara dan observasi sebagai data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Komunikasi organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,475 (p<0,05). Komunikasi organisasi memberikan sumbangan sebesar 22,6% terhadap kinerja guru. (2) Iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,592 (p<0,05). Iklim organisasi memberikan sumbangan sebesar 22,6% terhadap kinerja guru. (3) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,708 (p<0,05). Kepemimpinan kepala sekolah memberikan sumbangan sebesar 49,8% terhadap kinerja guru. (4) Komunikasi organisasi, iklim organisasi, dan kepemimpinan kepala sekolah secara serentak berpengaruh terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,755 (p<0,05). Dan secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 57,0% terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Maluku Tenggara.Christifora Rahawarin