Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:29:52ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-16T03:23:48Z2019-05-09T08:08:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52142This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/521422017-08-16T03:23:48ZManajemen Kesiswaan di Asrama SMP Santo Aloysius Turi.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan yang mendalam berkaitan dengan manajemen kesiswaan di asrama SMP Santo Aloysius Turi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian melibatkan tim pengasuh, termasuk kepala asrama, dan siswa asrama, yang dipilih dengan cara purposive sampling. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui teknik, seperti wawancara, observasi dan analisis dokumen. Penelitian ini juga melibatkan penggunaan tiga teknik analisis data, termasuk (1) kondensasi data, tampilan data (2) dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa manajemen kesiswaan yang dilaksanakan di asrama tersebut meliputi manajemen berbagai layanan dan kegiatan yang termasuk, pertama, manajemen para siswa baru asrama yang mencakup tugas-tugas, seperti penerimaan siswa baru asrama, yang meliputi tiga langkah seleksi dan melibatkan staf sekolah dan asrama. Selain itu, manajemen tersebut termasuk layanan akomodasi siswa yang diatur menurut jenis kelamin dan tingkat kelas siswa asrama. Kategori manajemen tersebut juga mencakup pembentukan orientasi siswa baru yang melibatkan partisipasi kakak angkatan di bawah pengawasan pengasuh. Kedua, manajemen kesiswaan tersebut melibatkan manajemen proses pendidikan yang mencakup pemantauan dari kemajuan belajar akademik yang dilaksanakan melalui sesi belajar malam. Kemudian, itu meliputi pembentukan sebuah sistem kedisiplinan yang melibatkan jadwal dan peraturan yang ketat. Lalu, manajemen proses pendidikan tersebut meliputi penyediaan layanan bimbingan dan konseling yang berhubungan dengan pendidikan para siswa asrama. Selain itu, itu juga mencakup pelaksanaan layanan yang berhubungan dengan kesejahteraan para siswa asrama. Ketiga, semacam manajemen tersebut meliputi evaluasi dan pelaporan kemajuan belajar akademik dan penyesuaian diri terhadap kehidupan asrama. Evaluasi tersebut dilaporkan dijadwalkan dan melibatkan partisipasi semua anggota tim pengasuh. Kemajuan para siswa dilaporkan kepada orang tua melalui media sosial, dan pada pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan di asrama.Antsa Rinaldi Rafaliarisoa