Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:29:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-16T03:28:22Z2019-01-30T07:51:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32623This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/326232016-05-16T03:28:22ZPENGEMBANGAN MODUL BUSANA ANAK UNTUK SISWA
KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang diharapkan
mampu memberikan manfaat terhadap pembelajaran praktek busana anak serta
untuk mengetahui kelayakan dari modul bebe anak sebagai bahan ajar di SMK
Negeri 6 Yogyakarta.
Penelitian ini dilaksankan di SMK Negri 6 Yogyakarta. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode research and development. Tahapan penelitian dan
pengembangan dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi 1) analisis
kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji validitas ahli, 5)
revisi produk, 6) uji coba kelompok kecil, 7) revisi, 8) pengambilan data pada
sampel. Proses validasi dilakukan oleh 3 orang ahli media dan 3 orang ahli media.
Untuk uji lapangan dilakukan dengan uji coba kecil dengan 10 orang siswa dan
pengambilan data dilakukan pada 36 siswa. Hasil dari pengumpulan data tersebut
dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian berupa produk modul busana anak dengan materi diambil
disesuaikan dengan silabus, menunjukkan bahwa modul yang sesuai digunakan
pada Kompetensi Dasar Busana Anak SMK N 6 Yogyakarta yaitu modul
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kriteria media modul
pembelajaran meliputi judul, kompetensi, tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran, prosedur mengikuti pembelajaran, soal-soal latihan, serta evaluasi
atau penilaian untuk mengukur kemampuan siswa dalam pembelajaran. Modul di
uji validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli evaluasi, dan guru. Kriteria validasi
modul oleh ahli media menyatakan “layak” dengan porsentase 100%; ahli materi
menyatakan “layak” dengan porsentase 100; Kelayakan modul dinilai oleh siswa
dalam uji coba kelompok kecil menyatakan bahwa modul telah memenuhi standar
kelayakan yaitu dengan kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor 37 dan
persentase 60%. Sedangkan pada pengambilan data pada sampel nyata
menyatakan bahwa modul telah memenuhi standar kelayakan yaitu dengan
kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor 32,8 dan persentase 74%.Sartika Dewi Rachmawati