Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:21:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-18T01:17:43Z2019-10-01T12:04:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40005This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/400052016-08-18T01:17:43ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI
SMP NEGERI 3 MAGELANGTujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih
mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya
dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.
Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang professional
dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam
mengembangkan kompetensi yang dimiliki.
Kegiatan PPL UNY diselenggarakan di SMP Negeri 3 Magelang selama
kurang lebih 3 bulan yaitu dimulai pada 2 Juli 2013 – 18 September 2013. SMP
Negeri 3 Magelang secara geografis terletak di wilayah Kabupaten Magelang,
tepatnya di Jln Elo Jetis No.33, Magelang Utara, Magelang, Jawa Tengah. Dalam
kegiatan PPL, praktikan mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masingmasing.
Selain melakukan praktik mengajar mahasiswa juga melakukan praktik
persekolahan seperti setiap Senin dan hari besar Nasional selalu mengikuti upacara
bendera serta melakukan tugas piket dengan jadwal yang sudah disepakati oleh
mahasiswa dengan wakil kepala sekolah urusan kurikulum.
Secara fungsional, fasilitas yang dimiliki oleh SMP Negeri 3 Magelang sudah
dimanfaatkan secara efektif. Dalam pembelajaran IPA, laboratorium memiliki
peranan penting dalam penggunaannya. Oleh karena itu, sebagai pengguna
laboratorium harus senantiasa menjaga alat dan bahan laboratorium. Selain itu,
pelatihan pembuatan alat peraga IPA dari barang bekas belum banyak dimiliki oleh
pihak SMP N 3 Magelang.Oleh karena itu, program Inventarisasi Laboratorium dan
Pelatihan pembuatan daur ulang kertas diharapkan mampu menunjang proses
pembelajaran IPA.
Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama praktek mengajar dilaksanakan,
pembuatan catatan harian pembelajaran, pembuatan media pembelajaran berupa
powerpoint, konsultasi dengan guru pembimbing, dan pembuatan soal evaluasi serta
analisisnya. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas VII
dengan sistem paralel dimana praktikan mengajar pada kelas VIIA, VII C, VII D, VII
G . Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan pada kelas VII A
dalam kelas paralel tersebut. Selama melaksanakan PPL mahasiswa PPL tidak
mengalami hambatan yang tidak begitu signifikan, mahasiswa praktikan PPL dapat
menjalin kerjasama yang cukup baik dengan guru pembimbing maupun pihak
sekolah.Rachma Trihani Praptiwi Rachma Trihani Praptiwi