Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:57:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-17T00:58:21Z2019-10-01T11:39:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45954This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/459542017-01-17T00:58:21ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
Nama Lokasi: SMK Negeri 1 Tempel
Alamat: Jalan Magelang km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel, Sleman, D.I.
Yogyakarta
15 Juli sampai dengan 15 September 2016Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan
dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan
sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai
sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan.
Salah satu tempat yang menjadi lokasiPPL UNY 2015 adalah SMK Negeri 1
Tempelyang beralamat di Jalan Magelang km 17, Jlegongan, Margorejo, Tempel,
Sleman, D.I. Yogyakarta.
Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli - 15 September 2016.
Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang
terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan
evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu.
Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada Kompetensi Keahlian Seni Musik di kelas XI
AK (1, 2, 3) AP (1, 2, 3), dan PM (1, 2). Selain itu, praktikan juga berperan dalam
kegiatan persekolahan lainnya selain Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), piket di
ruang piket, piket among siswa, inventarisasi buku-buku perpustakaan, dan lain-lain.
Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan
praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.
Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMK N 1 Tempel
ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan
praktik keguruan di bidang pendidikanadministrasi perkantoran yang diperoleh di
bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah
terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan
adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.RAMON ARDI WIBOWO RAMON ARDI WIBOWO