Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:31:19ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-20T07:59:55Z2019-01-30T09:53:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36856This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/368562016-07-20T07:59:55ZUPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH KELAS IVA SD NEGERI DEMAKIJO 1 KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang dikaji melalui proses pembelajaran dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match kelas IVA SD Negeri Demakijo 1 Sleman Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Demakijo 1 Sleman Yogyakarta yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian adalah proses pembelajaran dan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi. Tes untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif siswa, sedangkan lembar observasi untuk memperoleh hasil belajar ranah afektif dan psikomotor siswa, serta implementasi guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan model Make a Match.
Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas IVA SD Negeri Demakijo 1. Proses ditinjau dari langkah-langkah pembelajaran Make a Match yang ditunjukkan oleh keterampilan mengajar guru yang baik dan siswa yang lebih aktif, komunikatif, serta suasana pembelajaran menyenangkan. Hasil belajar ditunjukkan dengan persentase ketuntasan pada pra tindakan 27,23%%, siklus I pertemuan pertama 57,58%, siklus I pertemuan kedua 72,27%, siklus II pertemuan pertama 87,88%, dan pada siklus II pertemuan kedua 90,90%.
Kata kunci : Kualitas pembelajaran, IPS, model pembelajaran kooperatif tipe make a match.Sophia Rachma Qurrota