Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:05:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-12T01:09:48Z2019-01-30T07:17:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30855This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/308552016-04-12T01:09:48ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATERI PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMPN 1 BALONGANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap partisipasi belajar siswa kelas VIII dalam materi pancasila pada mata pelajaran PKn di SMPN 1 Balongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen untuk mencari pengaruh perlakuan (treatment) model pembelajaran tipe Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Balongan Indramayu, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket/kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan sampel t-test dengan tahap-tahap analisis data yang telah terkumpul meliputi Analisis Deskriptif, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis.
Berdasarkan hasil pengamatan siswa selama kegiatan pembelajaran secara keseluruhan sangat berpengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe Problem Based Learning (PBL) terhadap partisipasi belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Balongan, khususnya dalam materi Pancasila pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05.
Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Partisipasi Belajar.Amri Fadhlil Qisthi