Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:46:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-16T08:32:16Z2019-10-01T12:03:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39976This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/399762016-08-16T08:32:16ZLAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMK NEGERI 3 KLATENPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang
dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan
calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk
(1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan
manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan
kompetensi keguruan atau kependidikan. (2) Memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah
atau lembaga, baik yang terkait atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan
manajerial kelembagaan. (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk
menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara
interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan. (4)
memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi
atas dasar kekuatan sendiri. (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY
dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait.
Pelaksanaan kegiatan KKN-PPL dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari
observasi hingga pelaksanaan KKN-PPL yang terbagi beberapa tahapan yaitu
persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, dan refleksi. Dalam praktik mengajar (PPL)
praktikan mengampu 2 mata pelajaran yaitu Pembuatan Busana Industri dan Tekstil.
Alokasi waktu jam pelajaran Pembuatan Busana Industri yaitu 45 menit dalam satu
minggu 12 jam yaitu kelas XI BB 2. Alokasi waktu jam pelajaran Tekstil yaitu 45
menit dalam satu minggu 3 jam praktik. Hasil kegiatan ini adalah terlaksananya
program kerja PPL yang telah direncanakan.
Kesimpulan dari kegiatan PPL ini adalah (1) PPL adalah suatu sarana bagi
mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta untuk dapat menerapkan langsung ilmu
yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan program studi atau konsentrasi
masing-masing. (2) PPL adalah sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman yang
tidak diperoleh di bangku kuliah. Dengan terjun ke lapangan maka kita akan
berhadapan langsung kepada masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar
di sekolah, baik itu mengenai manajemen pendidikan dan akan menuju proses
pencarian jati diri mahasiswa yang melaksanakan PPL tersebut. (3) PPL akan
menjadikan mahasiswa untuk dapat mendalami proses belajar mengajar secara
langsung, menumbuhkan rasa tanggung jawab, dan profesionalisme yang tinggi
sebagai calon pendidik dan pengajar. (4) PPL menjadikan mahasiswa lebih
mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas, dan tanggung jawab sekolah secara
nyata. Semua itu mempunyai tujuan yang sama meskipun mempunyai bidang kerja
atau gerk yang berbeda. Tujuan yang dimaksud adalah berhasilnya proses belajar
mengajar yang ditentukan sebelumnya. (5) Keberhasilan proses belajar mengajar
tergantung kepada unsur utama yaitu guru dan murid yang ditunjang dengan sarana
dan prasarana pendukung.Putri Arum Ambarsari Putri Arum Ambarsari