Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:56:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-11T04:55:28Z2019-10-01T11:39:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51977This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/519772017-08-11T04:55:28ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAPraktek Kerja lapangan (PPL) Merupakan salah satu mata kuliah yang wajib
ditempuh oleh setiap mahasiswa SI kependidikan, yang pelaksanaannya di lakukan di
sebuah instansi pendidikan dalam hal ini sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan (1)
memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu
pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasainya selama menempuh pendidikan
SI, (2) Menyiapkan dan membekali mahasiswa untuk memasuki realita dunia
kependidikan dan masyarakat.
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Klaten yang beralamatkan di Senden,
Nagwen, Klaten Utara, Klaten adalah lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan
kegiatan PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017
selama 2 bulan. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 16 September 2016 – 18
September 2016. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa melakukan program mengajar
minimal 8 kali pertemuan, dengan rincian 4 kali mengajar mandiri dan 4 kali
mengajar terbimbing dengan jam pelaksanaan minimal 265 jam. Metode yang
digunakan dalam mengajar beragam, seperti metode diskusi, tanya jawab, ceramah,
cooperative learning dan Teams Games Tournament (TGT). Penulis mengampu mata
pelajaran Finishing Bangunan (10 jam pelajaran) Kelas XI jurusan Teknik Konstruksi
Batu Beton A dan B. Selain itu penulis juga mengajar mata pelajaran konstruksi batu
secara team dengan mahasiswa PPL lainnya. Jadwal mengajar penulis dalam 1
minggu 3 kali yaitu pada hari senin,selasa dan rabu. Selain mengajar, mahasiswa juga
menjalankan program non-mengajar yang ada di SMK seperti; konsultasi dengan
guru pembimbing, apel atau upacara, dll.
Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun
masih terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan kelas yang terkadang sulit untuk
dikondisikan dan terbatasnya fasilitas pembelajaran seperti LCD. Namun, semua itu
merupakan sebuah proses untuk menuju lebih baik. Selama kegiatan PPL
berlangsung, penulis sudahPutri Ade Pratama Putri Ade Pratama