Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:37:35ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-11-12T06:49:25Z2019-11-12T06:49:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66633This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/666332019-11-12T06:49:25ZEfektivitas Strategi the Power of Two terhadap Kecakapan
Critical Thinking Siswa SMA Kelas XI MIPAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mengetahui efektivitas
strategi the power of two dan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical
thinking siswa SMA Kelas XI MIPA, (2) mengetahui efektivitas strategi the power
of two dan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking pada sekolah
dengan level tinggi, sedang, dan rendah, (3) mengetahui interaksi efektivitas
penggunaan strategi the power of two terhadap kecakapan critical thinking peserta
didik pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental design
menggunakan pretest-possttest, non equivalent control group design. Penelitian ini
telah dilaksanakan di sekolah dengan kemampuan level tinggi, sedang, dan rendah.
Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA SMA N 2 Bantul, SMA N 1 Sewon, dan
SMA N 1 Bambanglipuro pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel
kelas dipilih dengan menggunakan teknik random sampling terpilih 2 kelas pada
masing-masing sekolah. Selanjutnya, responden dikelompokkan menjadi dua
kelompok secara acak. Kelas XI MIPA 4, XI MIPA 6, dan XI MIPA 1 diberi
perlakuan dengan pembelajaran menggunakan strategi the power of two sebagai
kelas eksperimen. XI MIPA 6, XI MIPA 4, dan XI MIPA 3 diberi perlakuan dengan
pembelajaran yang menggunakan strategi ekspositori sebagai kelas kontrol.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kecakapan
critical thinking. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-test dan
uji Anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan
menggunakan strategi the power of two lebih efektif daripada menggunakan strategi
ekspositori terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA Kelas XI MIPA, (2)
pembelajaran dengan menggunakan strategi the power of two lebih efektif daripada
menggunakan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA
Kelas XI MIPA pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah, (3) ada
interaksi efektivitas penggunaan strategi the power of two baik digunakan pada
kelompok peserta didik di sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah terhadap
kecakapan critical thinking.
Kata Kunci: Kecakapan critical thinking, strategi the power of two, strategi
pembelajaran aktif, dan sistem pernapasan manusia.Riana PutriAnik Ghufron