Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:21:26ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-23T04:55:33Z2019-01-30T14:55:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52310This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/523102017-08-23T04:55:33ZKeefektifan Pembelajaran Matematika pada Materi Segiempat
Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Ditinjau dari
Kemandirian Belajar Siswa dan Prestasi Belajar Siswa
Kelas VII SMP Negeri 1 ManisrenggoTujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran
matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan
konvensional ditinjau dari kemandirian belajar siswa, kemudian dibandingkan
keefektifannya dan (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika
menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional ditinjau
dari prestasi belajar siswa kemudian dibandingkan keefektifannya.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan metode
pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan dengan angket dan tes.
Siswa diberi angket kemandirian belajar awal dan pretest sebelum pembelajaran
dimulai. Setelah pembelajaran selesai, siswa diberi angket kemandirian belajar
akhir dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Manisrenggo. Sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelompok
kontrol dengan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konvensional
dan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dengan pembelajaran matematika
menggunakan pendekatan konstruktivisme. Uji validitas instrumen diuji oleh
validator ahli dan reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Hasil
penelitian dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, kemudian diuji
dengan uji one sample t test dan uji independent sample t test pada taraf signifikan
5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika
menggunakan pendekatan konstruktivisme dan pendekatan konvensional efektif
ditinjau dari kemandirian belajar siswa, serta pembelajaran matematika
menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih efektif daripada pembelajaran
matematika menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari kemandirian
belajar siswa dan (2) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan
konstruktivisme dan pendekatan konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar
siswa, serta pembelajaran matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme
lebih efektif daripada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan
konvensional ditinjau dari prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: pendekatan konstruktivisme, pendekatan konvensional, kemandirian
belajar, prestasi belajarNauqi Aprilia PutriWahyu Setyaningrum