Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:24:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-08-31T03:37:40Z2022-08-18T02:01:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59422This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/594222018-08-31T03:37:40ZPengaruh Praktik Kerja Industri, Intensitas Bimbingan Pihak Industi dan Kompetensi Kejuruan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Perbankan SMK Perbankan Kota PekanbaruPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) praktik kerja industri, (2) intensitas bimbingan pihak industri, (3) kompetensi kejuruan, dan (4) praktik kerja industri, intensitas bimbingan pihak industri dan kompetensi kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa memesuki dunia kerja siswa program keahlian perbankan SMK Perbankan di Kota Pekanbaru.
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlian Perbankan tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 106 orang yang telah mengikuti praktik kerja industri. Sampelnya adalah 86 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Sebelum dilakukan penelitian, instrumen terlebih dahulu divalidasi ahli. Setelah divalidasi ahli dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk menentukan butir instrumen yang valid dan reliabel. Teknik analis data yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, uji prasyarat, dan analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) praktik kerja industri (x1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa (y) dibuktikan dengan thitung ≥ ttabel (2,414 > 1,98) kontribusi sebesar 27,63%; (2) intensitas bimbingan pihak industri (x2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa (y) dibuktikan dengan thitung ≥ ttabel (2,822 > 1,98) kontribusi sebesar 21,03%; (3) kompetensi kejuruan (x3) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa (y) dibuktikan dengan thitung ≥ ttabel (2,348 > 1,98) kontribusi sebesar 2,46%; (4) praktik kerja industri, intensitas bimbingan pihak industri dan kompetensi kejuruan secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap kesiapan kerja siswa (y) dibuktikan dengan Fhitung ≥ Ftabel (16,235 > 3,11) dengan kontribusi sebesar 51,12%. Sedangkan 48,88% ditentukan oleh variabel lain.Dwi Yana Putri