Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:40:05ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-08T04:00:00Z2019-01-30T11:44:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43352This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/433522016-11-08T04:00:00ZHUBUNGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN BUSANA (INDUSTRI) DI SMK N 3 KLATENTujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai
karakter yang terkandung dalam mata pelajaran Pembuatan Busana (Industri)
yang telah terinternalisasi dalam diri siswa SMK N 3 Klaten, (2) mendeskripsikan
internalisasi nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh siswa SMK N 3 Klaten, (3)
mendeskripsikan profil prestasi belajar Pembuatan Busana (Industri) di SMK N 3
Klaten, (4) mengetahui hubungan internalisasi nilai-nilai karakter dengan prestasi
belajar Pembuatan Busana (Industri) di SMK N 3 Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan
korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI mata pelajaran
Pembuatan Busana (Industri) di SMK N 3 Klaten yang terdiri dari 3 kelas yaitu
kelas XI TB 1, XI TB 2, XI TB 3. Sampel penelitian sebanyak 75 siswa yang
ditentukan dengan tabel Isaac & Michael, selanjutnya sampel setiap kelas
ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan
data menggunakan angket untuk data internalisasi nilai dan dokumentasi untuk
prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan
pendekatan korelasi Product Moment.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) hasil FGD dengan guru diketahui
bahwa nilai-nilai karakter yang terkandung dalam mata pelajaran Pembuatan
Busana (Industri) adalah nilai disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri dan tanggung
jawab. Internalisasi nilai karakter dalam diri siswa yaitu disiplin interprestasi 49,4
% kategori cukup, kerja keras 38,6 % kategori kurang, kreatif 46,6 % kategori
cukup, mandiri 48 % kategori cukup, dan tanggung jawab 41,4 % kategori cukup;
(2) hasil analisis data internalisasi nilai-nilai karakter oleh siswa SMK N 3 Klaten
secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi, yaitu 60 % berjumlah 45
siswa; (3) hasil dokumentasi raport dari guru menunjukan profil nilai rapor
Pembuatan Busana (Industri) dari 75 siswa dinyatakan tuntas, karena seluruh
siswa telah mencapai nilai KKM yaitu 72; (4) hasil analisis data variabel
internalisasi nilai-nilai karakter dengan prestasi belajar, diperoleh sebesar 0,886,
taraf signifikansi 0,05 maka hipotesis diterima dan dapat disimpulkan “terdapat
hubungan internalisasi nilai-nilai karakter dengan prestasi belajar pembuatan
busana (industri) di SMK N 3 Klaten”.
Kata kunci: internalisasi nilai-nilai karakter, prestasi belajar, pembuatan busana
(industri).Arum Ambarsari Putri