Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:46:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-10-25T02:15:11Z2019-10-25T02:15:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66363This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/663632019-10-25T02:15:11ZPengembangan Web Modul IPA Menggunakan Problem-Based Learning Bermuatan Potensi Lokal Batik untuk Meningkatkan Thinking Skill dan Communication Skill.Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan web modul IPA berbasis Problem-Based Learning untuk meningkatkan thinking skill dan communication skill peserta didik yang layak menurut ahli media dan ahli materi serta praktis menurut praktisi dan (2) mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan web modul IPA yang dikembangkan tersebut terhadap peningkatan thinking skill dan communication skill peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi prosedur pengembangan 4D dengan tahap meliputi: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebarluasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gamping. Subjek uji coba terbatas terdiri dari sembilan peserta didik kelas VII A. Subjek uji coba lapangan kelas eksperimen terdiri dari 25 peserta didik kelas VII E dan kelas kontrol terdiri dari 25 peserta didik kelas VII F. Pengumpulan data menggunakan angket validasi web modul IPA, angket keterbacaan web modul, lembar observasi communication skill, dan tes thinking skill. Analisis data menggunakan pedoman penskoran skala empat, gain score ternormalisasi, uji Manova dengan taraf signifikansi 5%, dan effect size.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menghasilkan web modul IPA berbasis Problem Based Learning terintegrasi potensi lokal batik yang layak serta praktis dan (2) web modul IPA berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan thinking skill dan communication skill peserta didik secara signifikanAgnesi Sekarsari PutriNurfina Aznam