Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:02:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-23T07:31:00Z2019-02-01T02:45:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27423This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/274232015-10-23T07:31:00ZPENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA UNTUK SISWA SMA KELAS XIPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana kelayakan LKS fisika berbasis model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS ) untuk diterapkan dalam pembelajaran materi fluida statis. (2) dapat atau tidaknya LKS fisika berbasis model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk meningkatkan pemahaman konsep fluida untuk siswa SMA kelas XI.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D Models) yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Desseminate,. Tahap define merupakan tahap awal mengumpulkan informasi dan referensi. Analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran dilakukan pada tahap ini. Pada tahap design dilakukan perancangan dengan langkah yaitu: penyusunan standar tes, pemilihan media, pemilihan format yang akan dikembangkan, dan membuat rancangan awal. Pada tahap develop dilakukan pengembangan LKS, LKS divalidasi untuk mengetahui kelayakan LKS oleh ahli media dan guru fisika, hasil validasi belum baik maka dilakukan revisi. Selanjutnya, dilakukan uji lapangan LKS yang telah dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman konsep fluida pada siswa SMA N 1 Pakem. Penelitian ini tidak sampai pada tahap disseminate karena keterbatasan dana dan waktu oleh peneliti.
Hasil penelitian ini adalah (1) LKS berbasis Children Learning In Science (CLIS) dengan kategori cukup tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil Indeks Aiken dari skor validasi ahli. (2) pemahaman konsep siswa setelah menggunakan LKS berbasis children learning in science (CLIS) mengalami peningkatan dengan interpretasi nilai gain tinggi yang ditunjukkan dari nilai pretest dan posttest.
Kata kunci: LKS, Children Learning In Science (CLIS), pemahaman konsep, fluidaI Putu Eka Putra Sanjaya2015-06-01T08:47:25Z2019-01-29T23:03:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19780This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/197802015-06-01T08:47:25ZPENGEMBANGAN LKS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA UNTUK SISWA SMA KELAS XII Putu Eka Putra Sanjaya