Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:04:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-23T02:09:19Z2019-01-30T10:34:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40237This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/402372016-08-23T02:09:19ZKEEFEKTIFAN STRATEGI BERPIKIR BERBICARA MENULIS
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK
PADA KELAS VII SMPN 14 YOGYAKARTA
KOTA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji apakah terdapat perbedaan
menulis narasi sugestif yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran
menggunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis dan siswa yang
mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi pembelajaran Berpikir
Berbicara Menulis; (2) menguji keefektifan strategi pembelajaran Berpikir
Berbicara Menulis dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas VII
SMPN 14 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan rancangan control group
pre-test post-test design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel
bebas berupa strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis dan variabel
terikat berupa menulis teks cerita pendek. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VII SMPN 14 Yogyakarta Kota Yogyakarta. Sampel diambil dengan teknik
random sampling, ditetapkan kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas
VIID sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis teks cerita pendek. Validitas
instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada
ahlinya (expert judgement). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik
uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu
dilakukan uji prasyarat data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan menulis
cerita pendek yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran
menggunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis dan siswa yang
mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi pembelajaran Berpikir
Berbicara Menulis; (2) strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis efektif
digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek. Hal ini dibuktikan dari
hasil penghitungan uji-t data pretes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
diperoleh nilai thitung sebesar -.338 dengan df 66 dan nilai p sebesar 0,000 (p <
0,05), nilai p lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka tidak signifikan. Hasil
penghitungan uji-t data postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
diperoleh nilai thitung sebesar 4.338 dengan df 66 dan nilai p sebesar 0,000 (p <
0,05), nilai thitung lebih besar dari nilai p. hal ini menunjukan bahwa terdapat
perbedaan menulis teks cerita pendek yang signifikan antara kelompok yang
mengunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis dengan kelompok
tanpa menggunakan strategi pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis.Barrin Putra Azharin