Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:52:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2022-08-10T02:58:29Z2022-08-10T02:58:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73821This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/738212022-08-10T02:58:29ZPengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar Siswa Terhapa Prestasi Belajar Penjas Selama Pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 SrumbungPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Penjas Penjas Selama Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 2 Srumbung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex-postfacto. Populasi Penelitian ini berjumlah 195 siswa, yaitu siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Srumbung. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling.
Hasil penelitian menunjukan 1) Nilai signifikansi dukungan sosial orang tua sebesar 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar.2) Nilai signifikansi minat belajar adalah sebesar 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara minat belajar terhadap prestasi belajar. 3) Nilai signifikansi motivasi belajar adalah sebesar 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 4) Berdasarkan perhitungan koefisien determinan (R2) diketahui R sebesar 0,690 menunjukkan bahwa hubungan antar variabel dukungan sosial orang tua, minat belajar dan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang erat terhadap prestasi belajar penjas selama pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Srumbung. Nilai Adjusted R Square = 0,477 berarti 47,7% prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel dukungan sosial orang tua, minat belajar dan motivasi belajar siswa. Sedangkan sisanya 52,3% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Eka Permana Putra2018-08-28T02:04:12Z2019-01-30T16:56:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59119This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/591192018-08-28T02:04:12ZIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA
DAN KESEHATAN SMP N 2 SRUMBUNG MENGGUNAKAN METODE
PROBLEM BASED LEARNINGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP N 2 Srumbung menggunakan metode problem based learning.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK dan siswa SMP N 2 Srumbung.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP N 2 Srumbung menggunakan metode problem based learning belum terlaksanakan dengan baik. Berbagai kendala yang dihadapi adalah guru belum sepenuhnya siap dalam menggunakan kurikulum 2013, serta kurangnya sarana dan prasana dan media pembelajaran di sekolah.Eka Permana Putra