Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:02:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-10-05T02:14:22Z2019-01-29T16:49:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6485This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64852012-10-05T02:14:22ZHUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III SEYEGAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas V SD se-Gugus III Seyegan Sleman tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian dilaksanakan di SD se-Gugus III Seyegan Sleman dengan populasi 178 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Pengambilan data penelitian menggunakan skala psikologi dan dokumentasi nilai akhir (raport) semester gasal siswa kelas V SD se-Gugus III Seyegan Sleman tahun ajaran 2011/2012. Sebelum penggunaan instrumen penelitian, dilakukan uji validitas dengan korelasi Bivariate Pearson (Produk Momen Pearson) dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana dengan korelasi Pearson Product Moment.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa yang positif dan signifikan. Hal tersebut terlihat dari koefisien korelasi (r = 0,378) dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil tersebut bermakna bahwa ketika siswa memiliki kecerdasan emosional yang baik maka akan memiliki prestasi belajar yang tinggi, begitu juga sebaliknya.
Kata kunci: kecerdasan emosional, prestasi belajarSiska Puspitasari