Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:19:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-22T01:45:35Z2019-01-30T01:06:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23419This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/234192015-07-22T01:45:35ZKEEFEKTIFAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH IDEAL
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN
SISWA KELAS X MAN SUMPIUH BANYUMASPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan
menulis cerpen antara siswa kelas X yang menggunakan strategi pembelajaran
pemecahan masalah ideal dengan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran
pemecahan masalah ideal, (2) keefektifan strategi pembelajaran pemecahan
masalah ideal dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X MAN
Sumpiuh Banyumas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian eksperimen. Model desain penelitiannya menggunakan pretest dan
posttest dengan kelompok kontrol (control group pretest-posttest design).
Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa strategi pembelajaran
pemecahan masalah ideal dan variabel terikat berupa keterampilan siswa menulis
cerpen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan simple random sampling dengan cara pengundian. Berdasarkan
teknik tersebut, ditetapkan bahwa kelas X-3 sebagai kelompok kontrol dan kelas
X-4 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes keterampilan menulis cerpen. Isi instrument dikonsultasikan dengan
para ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha
cronbach. Sebelum dilakukan analisis menggunakan uji-t maka dilakukan uji
persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok tersebut terbukti bahwa skor
pretest dan posttest kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya
dilakukan uji beda menggunakan uji-t.
Hasil uji-t skor pretest dan posttest keterampilan menulis cerpen
menunjukkan bahwa nilai t lebih besar dari ttabel (4,576> 2,000) taraf signifikansi
5% dengan db 58 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan
menulis cepen antara kelompok siswa yang diajar pembelajaran menulis cerpen
menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal dan tanpa
menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal siswa kelas X
MAN Sumpiuh Banyumas, (2) pembelajaran menulis cerpen kelompok yang
menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah ideal lebih efektif
dibandingkan dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis cerpen
tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah.Irma Puspitasari