Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:39:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2021-11-10T03:48:04Z2021-11-10T03:48:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71364This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/713642021-11-10T03:48:04ZEVALUASI PENGELOLAAN VENUE EKS PON (PEKAN OLAHRAGA NASIONAL) XVIII RIAUEvaluasi yang dilakukan denga model evaluasi CIPP ( Contex, Input, Process, Product) bertujuan mendeskripsikan program pengelolaan venue eks PON (Pekan Olahraga Naional) XVIII Riau pada aspek (context), input (Input), proses (procces) dan produk (product).
Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Evaluasi ini dilaksanakan di venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Kantor Badan Pemuda dan Olahraga (BPO) Riau. Subjek dalam penelitian ini berupa informasi verbal sebagai data primer yang diperoleh dari kegiatan wawancara terhadap pihak-pihak terkait dan informasi pendukung berupa dokuen seperti: buku-buku bacaan ataupun jurnal yang memiliki kaitan dengan evaluasi, dokumen, ceklis keterlaksanaan organisasi, hasil rekaman, file dan/atau foto. Sumber data penelitian ini berasal dari wawancara dengan Kepala Bidang Sarana Prasarana (DISPORA) Riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini yaitu dengan panduan observasi, pedoman wawancara dan ceklis dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data peneliti ini menggunakan metode analisis dengan memfokuskan pada tiga analisis data yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data dan Verifikasi Data.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Dari aspek context, perumusan visi, misi, dan tujuan pengelolaan venue eks PON Riau masih memerlukan dukungan lebih dari Pemerintah Provinsi Riau dalam upaya pencapaian visi dan misi. (2) aspek Input, menunjukkan perencanaan kebutuhan dan penganggaran sudah bernilai positif. sedagkan Pada bagian pembiayaan masih belum memenuhi anggaran kebutuhan pengelolaan. (3) Komponen Process menunjukan penggunaan, pengendaliaan dan pengawasan sudah bernilai positif. Sementara untuk pengamanan, pengadaan, penerimaan, penyaluran, pemeliharaan dan pembinaan bernilai negatif. (4) Komponen Product, penghapusan, pemindah tanganan, penilaian, pemanfaatan dan penatausahaan sudah dalam kategori positif. Saran yang diperoleh dari evaluasi ini adalah (1) PEMPROV Riau agar memberikan dukungan penuh dalam pengelolaan venue, (2) Mencari sumber pendanaan lain selain APBD, (3) melakukan perawatan sesuai kebutuhan lapangan, (4) Melakukan kegiatan pengadaan, penerimaan dan penyaluran barang, (5) Melakukan kegiatan pemeliharaan fisik bangunan venue, (6) Meningkatkan kinerja tenaga keamanan (7) melakukan pembinaan tenaga pengelola venue.Purwanto Purwanto2020-02-26T03:39:00Z2021-06-07T07:55:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67696This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/676962020-02-26T03:39:00ZPengembangan Training Kits Mata Kuliah Praktik Instrumentasi dan Elektronika Medis di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan, mendeskripsikan kualitas dan menguji efektivitas training kits mata kuliah Praktik Instrumentasi dan Elektronika Medis (IEM) di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan berdasarkan model Richey & Klein. Penelitian dilakukan dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Studi pendahuluan dilakukan sebagai dasar tahap analisis dan turut dimanfaatkan untuk penyesuaian materi mata kuliah Praktik IEM dengan melibatkan dosen dan praktisi dari profesi elektromedis. Tahap analisis dikuatkan dengan data studi lapangan dan studi dokumen. Tahap perancangan dilakukan pembuatan training kits. Tahap pengembangan mencakup validasi ahli dan evaluasi kualitas produk yang dikembangkan. Produk training kits yang berupa media pembelajaran dievaluasi dengan menggunakan instrumen evaluasi media pembelajaran yang ditulis oleh Sungkono. Evaluasi melibatkan 2 ahli media pelajaran, 2 ahli materi, dan 18 mahasiswa sebagai pengguna produk. Tahap evaluasi dilakukan uji efektivitas penggunaan produk. Efektivitas dideskripsikan berdasarkan hasil uji coba dalam kelas implementasi dengan kelas yang dikendalikan. Kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk dikumpulkan data yang kemudian dianalisis digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini berupa: (1) hasil pengembangan training kits terdiri dari trainer EKG, trainer EMG, termometer digital, dan penghitung detak jantung disertai panduan praktikum; (2) kualitas produk menurut para pakar maupun menurut pengguna IEM termasuk dalam katagori baik dengan rincian penilaian pakar sebagai berikut: aspek fisik (83%), pendahuluan (85%), pemanfaatan (90%), evaluasi (86,5%), rangkuman (72%), pembelajaran (84%), serta aspek isi (87%), dan rincian penilaian dari pengguna sebagai berikut: aspek fisik (72,44%), pendahuluan (83,56%), pemanfaatan (80,89%), evaluasi (81,94%), rangkuman (83,33%); dan (3) penggunaan produk hasil pengembangan terbukti lebih efektif dalam meningkatkan prestasi mahasiswa dibanding tanpa produk dalam lingkup dasar teknologi IEM sesuai dengan teknologi instrumentasi elektronik medis yang digunakan di bidang medis saat ini.Purwanto PurwantoPardjono Pardjono2018-01-03T02:31:47Z2018-01-03T02:31:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54776This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/547762018-01-03T02:31:47ZPENGEMBANGAN MODEL GAMIFIKASI AKUNTANSI BERBASIS
KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN FINANCIAL SKILLS
SISWA SMK BISNIS DAN MANAJEMENTujuan penelitian ini mengembangkan model gamifikasi akuntansi berbasis kurikulum 2013
untuk meningkatkan financial skills siswa SMK Bisnis dan Manajemen. Gamifikasi
akuntansi diharapkan dapat digunakan sebagai model pembelajaran akuntansi bagi siswa
SMK Bisnis dan Manajemen agar mampu memahami pengimplementasian akuntansi
sehingga mereka memiliki keterampilan yang memadai dan mampu bersaing untuk
memperebutkan profesi yang sesuai dengan bidangnya.
Penelitian pengembangan model gamifikasi berbasis kurikulum 2013 ini menggunakan
pendekatan Research and Development (R & D) dan Experimental Research. Studi
pendahuluan dilakukan dengan pendekatan Forum Group Discussion dengan Dinas
Pendidikan, pakar, akademisi, praktisi pendidikan, dan praktisi bisnis. Pengembangan
perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan metode pembelajaran dengan pendekatan
R & D. Untuk mengetahui keefektifan model gamifikasi digunakan pendekatan
Experimental Research sehingga dapat diketahui keefektifan model gamifikasi akuntansi
berbasis kurikulum 2013 untuk meningkatkan financial skills siswa SMK Bisnis dan
Manajemen.
Hasil penelitian ini yaitu pengembangan perangkat pembelajaran, khususnya untuk
akuntansi dasar atau akuntansi perusahaan jasa. Perangkat pembelajaran disusun berbasis
gamifikasi yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. Selain perangkat, media berbasis game
juga dikembangkan untuk pelaksanaan pembelajaran berbasis gamifikasi. Selain itu, hasil
eksperimen menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan gamifikasi lebih efektif untuk
meningkatkan financial skills siswa dibandingkan dengan siswa yang memperoleh
pembelajaran dengan ceramah, diskusi, dan latihan.SUKIRNO SUKIRNOPurwanto PurwantoSagoro, M.Sc Endra MurtiLina Nur Hidayati Lina Nur Hidayati2017-02-07T01:49:13Z2022-10-04T01:29:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46905This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/469052017-02-07T01:49:13ZRelevansi Praktik Laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran dan Jenis Pekerjaan di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara YogyakartaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Relevansi Proses Pembelajaran Praktik Laboratorium dan Jenis Pekerjaan Administrasi Perkantoran Dalam Membentuk Kompetensi Bidang Administrasi Perkantoran bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FISE UNY.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi penelitian adalah seluruh peserta PKL mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, berjumlah 106 orang. Sedangkan untuk dosen pembimbing berjumlah 30 orang,
dengan menggunakan teknik purposif sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha
Cronbach. Data dianalisis dengan teknik deskriptif persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat relevansi materi praktik di laboratorium dan jenis pekerjaan di lembaga mitra, diperoleh dengan kategori tinggi antara hasil analisis data mahasiswa dan dosen pembimbing sebanyak 54 orang atau (50,90%), dan sebanyak 16 orang atau (53,30%). (2) pembelajaran praktik di laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran sesuai dengan jenis pekerjaan di lembaga mitra dengan hasil tinggi
antara analisis data mahasiswa dan dosen pembimbing sebanyak 51 orang atau (48,10%) dan sebanyak 16 orang atau (53,30%); 3) tingkat keterampilan mahasiswa dalam melakukan praktik sesuai dengan harapan lembaga mitra dengan hasil tinggi
antara analisis data mahasiswa dan dosen pembimbing sebanyak 51 orang atau (48,10%) dan sebanyak 16 orang atau 53,30%).; (4) sarana dan prasarana laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran sudah layak dalam membentuk
kompetensi bidang administrasi bagi mahasiswa Prodi Pend. Administrasi Perkantoran dengan hasil tinggi, sebanyak 51 mahasiswa (48,1%).Purwanto Purwanto2016-10-17T01:10:28Z2019-01-30T11:20:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42355This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/423552016-10-17T01:10:28ZKumpuan data base digital berbasis visual basic 6 di kompetensi keahlian teknik audio video di SMK Muhamadiyah 3 YogyakartaAbstrakPurwanto Purwanto2016-09-13T02:57:08Z2016-09-13T02:57:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41248This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/412482016-09-13T02:57:08ZPENGEMBANGAN SOFTWARE KEARSIPAN ELEKTRONIK BERBASIS WEB SEBAGAI BAHAN AJAR MATA KULIAH SIMULASI PERKANTORANPenelitian ini bertujuan untuk menyempurnakan desain pengembangan sistem informasi kearsipan elektronik (re-design) yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan teknologi perkantoran modern saat ini; dan mengetahui unjuk kerja sistem informasi kearsipan elektronik yang dikembangkan pada aspek correctness, reliability, efficiency, integrity, dan usability. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model Borg & Gall dan model Waterfall dalam pengembangan software. Metode pengembangan perangkat lunak dimulai dengan analisis kebutuhan, desain pengembangan, desain flowchart, implementasi, dan pengujian. Pengujian unjuk kerja dilakukan dengan uji alpha dan uji beta. Penelitian unjuk kerja sistem informasi dilakukan pada aspek: correctness, reliability, efficiency, integrity, dan usability. Berdasarkan hasil pengujian perangkat yang telah dikembangkan menunjukkan hasil bahwa re-design sistem kearsipan elektronik telah berhasil diimplementasikan dalam kode program dalam pengembangan perangkat lunak tahap II. Unjuk kerja dari sistem informasi kearsipan elektronik secara keseluruhan adalah dari aspek Kebenaran (correctness), sistem mampu memberikan hasil sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan pada desain/perancangan sistem. Dilihat dari aspek Keandalan (Reliability), sistem mampu melakukan fungsi sesuai dengan tingkat ketelitian yang diinginkan dari desain/perancangan sistem, sementara itu dilihat dari aspek Efisiensi (Efficiency), sistem mampu melakukan fungsi dengan baik sesuai dengan konsep yang diinginkan dari desain/perancangan sistem. Dari aspek Integritas (Integrity), sistem mampu dikendalikan dari orang yang tidak terotorisasi atau berhak menggunakan sistem; dan dari aspek Penggunaan (Usability), sistem mampu dipelajari, dioperasikan, dan ditafsirkan.
Kata kunci: Aplikasi, Arsip, Kearsipan Elektronik, Correctness, Reliability, Efficiency, Integrity, dan UsabilityPurwanto Purwantopurwanto@uny.ac.idArwan Nur Ramadhan2016-05-03T02:59:05Z2019-01-30T07:44:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32281This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/322812016-05-03T02:59:05Z��������
����
���
������ �������� ������ ����� ���
� ���������� ���
���� ������ ��
�� ��
��
��� ��
����
���
� ����������
�
���� ��
�
!"#$%&'(���������
����
���
������ �������� ������ ����� ���
� ���������� ���
���� ������ ��
�� ��
��
��� ��
����
���
� ����������
�
���� ��
�
!"#$%&'(�
)*+),,-.),-�
�
�
�������
�
�
�����!�&��/'/%&�0"12"�%&�3%'%4���'�3/5/'%��6�#6%4/4�7/4"%��8%4/9�:;)�</�
0(12�'�&4/�0�%��/%&�=�>&/>�?"</(�7/<�(�@A0�A"�%11%</B%��C�D(5B%>%#'%�
6�#'"E"%&�"&'"> �F.G�1�&5�16%&5>%&�!�#%&5>%'�H"&%>�0"12"�%&�3%'%4���'�
3/5/'%��6�#6%4/4�7/4"%��8%4/9�:;)�</�0(12�'�&4/�0�%��/%&�=�>&/>�?"</(�7/<�(�
@A0�A"�%11%</B%��C�D(5B%>%#'%I�<%&�F,G�1�&5"E/�>��%B%>%&�!�#%&5>%'�
H"&%>�B%&5�</6�#/�&%1%�0"3%�3/�=?7A"J%�/&/�<%#/�4�5/�K"&9'/(&%�/'BI�
L��/%6/�/'BI�M4%6/�/'BI�NOO/9/�&9BI�A%/&'%/&%6/�/'BI�<%&�!(#'%6/�/'B;�
�����A�'(<��B%&5�</5"&%>%&�<%�%1�2�&��/'/%&�/&/�'�#</#/�<%#/�6�6�#%2%�'%�%2I�
B%/'" �F.G�A�&5/<�&'/O/>%4/�0�6"'"�%&�!�&55"&%I�F,G�!�&5�16%&5%&�
!#('('/2�I�FCG�!�&5>(<�%&�@/4'�1��2�#%4/(&%�I�F-G�NP%�"%4/�%�2�%I�F+G�L�P/4/�
3�4%/&I�F:G�NP%�"%4/�8�'%I�FQG�L�P/4/�!#(<">I�<%&�FRG�!#(<">�K/&%�;�NP%�"%4/�
%�2�%�</�%>">%&�>�2%<%�C�%��/�1�</%�<%&�-�%��/�1%'�#/;�NP%�"%4/�6�'%�
</�%>">%&�>�2%<%�+R�4/4$%�=?7�@A0�A"�%11%</B%��C�D(5B%>%#'%;�
�����S%4/��2�&��/'/%&�1�&"&E">>%&�6%�$%�F.G�0"3%�3/�=?7A"J%�'��%��6�#�%4/��
</>�16%&5>%&�1�&55"&%>%&�1(<���2#(4�4�NP(�"4/(&�#T!#('('B2/&5�<�&5%&�
O/'"# �F%G�2�&9%#/%&I�F6G�2�&%12/��5%16%#I�F9G�2�&%12/��<(>"1�&I�F<G�
2�16%�%#"%&I�F�G�2�&5%'"#%&I�FOG�>��(�%�<%'%I�<%&�F5G�6%&'"%&;�F,G�
!�#%&5>%'�H"&%>�0"3%�3/�=?7A"J%�2%<%�P�#4/�%�2�%�1�&"#"'�%��/�1�</%�<%&�
1%'�#/�%<%�%���%B%>�<�&5%&�'/&5>%'�>��%B%>%&�*CI::U�<�&5%&�#/&9/%&�
K"&9'/(&%�/'B�*-I,*U�F�%B%>GI�L��/%6/�/'B�*.I*:U�F�%B%>GI�M4%6/�/'B�*-IC+U�
F�%B%>GI�NOO/9/�&9B�RRIQ+U�F�%B%>GI�A%/&'%/&%6/�/'B�*RI.+U�F�%B%>GI�<%&�
!(#'%6/�/'B�*,I+)U�F�%B%>G;�!�#%&5>%'�H"&%>�0"3%�3/�=?7A"J%�2%<%�P�#4/�
6�'%�1�&"#"'�2�&55"&%�%<%�%���%B%>�<�&5%&�'/&5>%'�>��%B%>%&�
*CIRCU;<�&5%&�#/&9/%&�K"&9'/(&%�/'B�*.I,*U�F�%B%>GI�L��/%6/�/'B�R*I,,U�
F�%B%>GI�M4%6/�/'B�*-I)+U�F�%B%>GI�NOO/9/�&9B�R*I--U�F�%B%>GI�A%/&'%/&%6/�/'B�
RRIQ*U�F�%B%>GI�<%&�!(#'%6/�/'B�*+I)-U�F�%B%>G;�
�
0%'%�>"&9/ �0"12"�%&�3%'%4���'I�0"3%�3/�=?7A"J%I�NP(�"4/(&�#I�
!#('('B2/&5�Purwanto Purwanto2016-03-12T04:08:19Z2022-11-17T05:19:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30264This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/302642016-03-12T04:08:19ZImproving Students’ Ability in Writing Recount Texts through Semantic Mapping Strategy at Grade VIII of SMPN 1 Metro Lampung in the Academic Year of 2013/2014This study started from students’ writing difficulties in generating ideas and organizing the ideas into an integrated paragraph. It aimed at improving students’ ability in writing recount texts through semantic mapping strategy at SMPN 1 Metro, Lampung.
This is an action research study carried out in two cycles. Each cycle consisted of four stages: planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of the research were year VIII students of SMP Negeri 1 Metro, Lampung. The data gathered were connected with four aspects: (1) the teacher’s teaching strategy, (2) the semantic mapping implementation, and (3) the students’ writing improvement using semantic mapping strategy.The data were gathered qualitatively and quantitatively through questionnaires, observation, interviews, and written tests. The questionnaires were used to see the early writing habits and their response to the implementation of the semantic mapping strategy. The observation was used to see the students’ activeness in learning writing process. The interviews were intended to know their response after the semantic mapping was implemented. The written tests were used to see the early abilities and improvement in writing. The qualitative data were analyzed using interactive qualitative data including data reduction, data display, and conclusion drawing. The quantitative data were analyzed using descriptive statistics.
The result of the research shows that the improvement is achieved in every cycle. The students’ ability in generating ideas improved. Another improvement occurs in their ways to organize the ideas. The other writing improvement can be seen from the differences of the pretest result, cycle 1 result, and the cycle 2 result. The mean scores of the pretest is 64,08, the mean score of the first cycle is 80.48, and the mean score in cycle 2 is 88.60.From those results, it can be concluded that semantic mapping strategy can improve the students’ writing ability.Purwanto Purwanto2015-07-13T07:04:57Z2019-01-30T01:03:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23268This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/232682015-07-13T07:04:57ZHUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJOPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa, (2)
hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, (3) hubungan antara minat belajar siswa dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan pada
siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto, subjek penelitian adalah siswa kelas XI AP 1 dan XI AP 2 Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo yang berjumlah 86 siswa. Pengumpulan data minat belajar siswa dan perhatian orang tua dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi berupa nilai ujian akhir semester gasal mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan. Uji coba intrumen dilaksanakan pada 30 peserta didik kelas XI AP 1 SMK Negeri 2 Kutoarjo. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus
Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment dan korelasi ganda yang dilanjutkan dengan
analisis regresi ganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar siswa dengan prestasi belajar dengan harga r sebesar 0,304, (2) ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar dengan harga r sebesar 0,317, (3) hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa dan perhatian orang tua secara bersama-sama memberikan kontribusi koefisien determinasi (Rx2y2) sebesar 0,107, koefisien korelasi (R) sebesar 0,840,dan F hitung sebesar 5,297 terhadap prestasi belajar mata pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan pada siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.Rivin MulyatiPurwanto Purwanto2015-07-13T07:04:50Z2019-01-30T01:03:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23261This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/232612015-07-13T07:04:50ZPENGARUH KREATIVITAS, PERAN ORANGTUA, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 PENGASIHTujuan penelitian untuk mengungkap pengaruh kreativitas, peran orangtua, dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha siswa kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran berjumlah 192 siswa. Sampel Penelitian kelas XII Administrasi perkantoran dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha dengan r2(x3y) sebesar 0,569 dan harga t pada taraf signifikasi 5% 9,045> 2,000, begitu pula peran orangtua sebesar 0,544, harga thitung hitung = 8,600 dan efikasi diri sebesar 0,722, harga t yaitu 12,705. Kreativitas, peran orangtua, dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pengasih yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung yaitu 72,875, dan memberi sumbangan sebesarYustina Evi EtriyaniPurwanto Purwanto2015-03-09T02:48:00Z2022-09-14T06:20:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12612This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/126122015-03-09T02:48:00ZPengelolaan Bengkel Praktik SMK Teknik Pemesinan di Kabupaten PurworejoPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, dan (4) pengawasan pada pengelolaan bengkel praktik SMK Teknik Pemesinan di Kabupaten Purworejo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Responden pada penelitian ini adalah guru praktik SMK Teknik Pemesinan di Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: kuisioner, wawancara, dan observasi. Kuisioner digunakan sebagai sumber data utama, sedangkan wawancara dan observasi digunakan sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan bengkel praktik SMK Teknik Pemesinan di Kabupaten Purworejo adalah: (1) perencanaan mempunyai kualitas yang baik dengan mean 2,961; (2) pengorganisasian mempunyai kualitas yang baik dengan mean 2,947; (3) pelaksanaan mempunyai kualitas yang baik dengan mean 3,207; dan (4) pengawasan mempunyai kualitas yang baik dengan mean 2,874.Purwanto Purwanto2014-07-15T04:39:32Z2019-01-29T18:51:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11175This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/111752014-07-15T04:39:32ZKUMPULAN DATASHEET DIGITAL BERBASIS VISUAL BASIC 6.0
DI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO
SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAPenelitian Kumpulan Datasheet Digital berbasis Visual Basic 6.0 di
Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
bertujuan untuk: (1) mengembangkan Perangkat Lunak Kumpulan Datasheet
Digital berbasis Visual Basic 6.0 di Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video
SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan (2) menguji kelayakan Perangkat
Lunak yang diberi nama KuDa Di TAVMuGa ini dari segi Functionality,
Reliability, Usability, Efficiency, Maintainability, dan Portability.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap,
yaitu: (1) Mengidentifikasi Kebutuhan Pengguna, (2) Pengembangan
Prototipe, (3) Pengkodean Sistem Operasional, (4) Evaluasi alpha, (5) Revisi
Desain, (6) Evaluasi Beta, (7) Revisi Produk, dan (8) Produk Final. Evaluasi
alpha dilakukan kepada 3 ahli media dan 4 ahli materi. Evaluasi beta
dilakukan kepada 58 siswa TAV SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) KuDa Di TAVMuGa telah berhasil
dikembangkan menggunakan model proses Evolusioner/Prototyping dengan
fitur: (a) pencarian, (b) penampil gambar, (c) penampil dokumen, (d)
pembaharuan, (e) pengaturan, (f) kelola data, dan (g) bantuan. (2)
Perangkat Lunak KuDa Di TAVMuGa pada versi alpha menurut ahli media dan
materi adalah layak dengan tingkat kelayakan 93,66% dengan rincian
Functionality 94,29% (layak), Reliability 91,96% (layak), Usability 94,35%
(layak), Efficiency 88,75% (layak), Maintainability 98,15% (layak), dan
Portability 92,50% (layak). Perangkat Lunak KuDa Di TAVMuGa pada versi
beta menurut pengguna adalah layak dengan tingkat kelayakan
93,83%.dengan rincian Functionality 91,29% (layak), Reliability 89,22%
(layak), Usability 94,05% (layak), Efficiency 89,44% (layak), Maintainability
88,79% (layak), dan Portability 95,04% (layak).
Kata kunci: Kumpulan Datasheet, KuDa Di TAVMuGa, Evolusioner,
PrototypingPurwanto Purwanto2012-12-17T06:38:56Z2019-01-29T17:52:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9017This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/90172012-12-17T06:38:56ZUPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH
DENGAN MEDIA KARDUS PADA SISWA KELAS V
SD NEGERI NUSAWANGKAL 01 KECAMATAN
NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP
TAHUN PELAJARAN
2011/2012Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh dengan
media kardus pada siswa kelas V SD Negeri Nusawangkal 01, Kecamatan
Nusawungu, Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus,
siklus pertama dua kali pertemuan, siklus kedua satu kali pertemuan, setiap pertemuan
70 menit. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Nusawangkal 01,
Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, yang berjumlah 21 siswa. Proses
pelaksanaan tindakan dilakukan pada tanggal 14 dan 21 Mei 2012 untuk siklus
pertama, sedangkan siklus kedua dilaksanakan tanggal 28 Mei 2012. Instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi tes unjuk kerja lompat jauh, lembar observasi
proses pembelajaran, dan lembar tanggapan siswa. Analisis data dilakukan secara
deskriptif dengan cara merefleksi hasil observasi dan evaluasi terhadap proses
pembelajaran yang berlangsung dan diolah menjadi kalimat yang bermakna dan
dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media kardus dapat
meningkatkan proses pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri
Nusawangkal 01, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap tahun pelajaran
2011/2012. Setelah dilakukan sebanyak tiga pertemuan ketuntasan belajar mencapai
90,48%.
Kata kunci: pembelajaran lompat jauh, media kardus.Purwanto Purwanto