Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:20:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-17T06:51:22Z2019-01-30T06:35:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29813This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/298132016-02-17T06:51:22ZANALISIS KINERJA AUDITOR INTERNAL
DALAM PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH
PADA BPR SHINTA PUTRA PENGASIH KULON PROGOPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
kinerja auditor internal dalam hal penyelesaian kredit bermasalah pada BPR
Shinta Putra Pengasih Kulon Progo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Metode pengumpulan data yang terkait dengan masalah penelitian
dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah mengembangkan deskripsi yang
dalam prosesnya mengembangkan kerangka kerja deskriptif. Metode kualitatif
dilakukan dengan mendeskripsikan kinerja auditor internal dalam kaitannya
dengan penyelesaian kredit bermasalah.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Auditor Internal dalam
Penyelesaian Kredit Bermasalah Pada BPR Shinta Putra Pengasih Kulon Progo
belum efektif. Hal ini ditunjukkan (1) bahwa kebijakan manajemen atas
pemberian tugas dan wewenang pada auditor internal telah sesuai dengan
prosedur dan standar auditor internal yang ada, yaitu dimana posisi auditor
internal telah dalam struktur organisasi yang independen atau terpisah
kedudukannya dari semua kegaiatan operasi dalam perusahaan. (2) Bentuk
pengendalian dan pengawasan yang dilakukan oleh auditor internal pada BPR
Shinta Putra Pengasih Kulon Progo adalah dengan melakukan semua fungsi audit
internal seperti compliance, dimana auditor internal melakukan pengecekan
sekaligus melakukan penilaian ketaatan karyawan bagian kredit setiap harinya
atas prosedur kredit yang telah ditetapkan, dimana auditor internal melakukan
pengecekan sekaligus melakukan penilaian ketaatan karyawan bagian kredit setiap
harinya atas prosedur kredit yang telah ditetapkan. Verification, Auditor internal
pada BPR Shinta Putra Pengasih Kulon Progo telah melakukan pengecekan secara
rutin atas kesesuaian data nasabah yang telah tercatat dalam sistem komputer di
BPR Shinta Putra Pengasih Kulon Progo, Evaluation, dimana auditor internal
selalu melakukan evaluasi atas temuan-temuan auditnya dalam hal kegiatan
kredit. (3) Kinerja Auditor Internal Belum dilaksanakan secara efektif di BPR
Shinta Putra Pengasih Kulon Progo. Hal ini bisa dilihat dari presentase Non
Perfoming Loan (NPL) hanya turun 1% dalam kurun 1 periode hal ini BPR Shinta
Pengasih Kulon Progo tingkat Kredit bermasalahnya masih dikatakan tinggi.Yuli Purwanti