Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:59:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-26T01:14:15Z2019-01-30T04:38:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27489This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/274892015-10-26T01:14:15ZPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANSAMBEL MUSIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 YOGYAKARTATujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar ansambel musik antara sebelum diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukan adanya kecenderungan guru mendominasi dan meminimalkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran ansambel musik di SMP Negeri 2 Yogyakarta
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Experimental Design dan desain penelitiannya adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta sebanyak 241 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pretest dan posttest bermain ansambel musik. Validitas instrumen dilakukan dengan rumus Product Moment Pearson, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Setelah itu dilakukan uji normalitas dengan menggunakan teknik Chi Square (χ2 ), uji homogenitas menggunakan One-Way Anova dan data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji beda (t) menggunakan teknik Paired Samples T-test.
Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh hasil perhitungan uji-t yaitu nilai thitung > ttabel (16.213 > 2,021) dengan taraf signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai dari hasil belajar ansambel musik kelas eksperimen dengan selisih sebesar 14,93. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar ansambel musik siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Yogyakarta. Maka, hipotesis yang berbunyi ”Terdapat perbedaan prestasi belajar ansambel musik yang signifikan antara sebelum diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournament) dengan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games- Tournament) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta” tidak ditolak.Monica Asri Purwanti