Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:51:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-06-20T00:53:46Z2019-01-29T18:42:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10545This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/105452013-06-20T00:53:46ZMENINGKATKAN PRESTASI BELAJARPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)DENGAN MEDIA GAMBAR
SISWA KELAS IC SDN LEMPUYANGAN I, YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2012/2013
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn dengan media gambar pada siswa kelas IC SDN Lempuyangan I Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IC SDN Lempuyangan I. Objek penelitian adalah peningkatan prestasi belajar PKn dengan media gambar siswa kelas IC SDN Lempuyangan I.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus dilaksanakan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa soal tes dan panduan observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar PKn dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar khususnya pada materi “tata tertib di rumah dan di sekolah” dengan cara menyajikan media gambar dalam pembelajaran dan siswa memvisualisasikan gambar. Peningkatan prestasi belajar PKn pada Siklus I meningkat sebesar 5,7 dari kondisi awal 63,3 menjadi 69,0 dan pada Siklus II meningkat sebesar 16,8 dari kondisi awal 63,3 menjadi 80,1.
Kata Kunci : prestasi belajar, PKn, media gambar, Sekolah Dasar
Dwi Purwanti2013-05-01T07:37:20Z2019-01-29T18:39:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10427This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/104272013-05-01T07:37:20ZMENINGKATKAN PRESTASI BELAJARPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)DENGAN MEDIA GAMBAR
SISWA KELAS IC SDN LEMPUYANGAN I, YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2012/2013
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn dengan media gambar pada siswa kelas IC SDN Lempuyangan I Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IC SDN Lempuyangan I. Objek penelitian adalah peningkatan prestasi belajar PKn dengan media gambar siswa kelas IC SDN Lempuyangan I.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus dilaksanakan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa soal tes dan panduan observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar PKn dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar khususnya pada materi “tata tertib di rumah dan di sekolah” dengan cara menyajikan media gambar dalam pembelajaran dan siswa memvisualisasikan gambar. Peningkatan prestasi belajar PKn pada Siklus I meningkat sebesar 5,7 dari kondisi awal 63,3 menjadi 69,0 dan pada Siklus II meningkat sebesar 16,8 dari kondisi awal 63,3 menjadi 80,1.
Kata Kunci : prestasi belajar, PKn, media gambar, Sekolah Dasar
Dwi Purwanti