Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:10:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-04-06T06:58:11Z2022-11-09T02:05:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48547This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/485472017-04-06T06:58:11ZKeefektifan Strategi Mind Mapping dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 KalasanPenelitian ini memiliki dua tujuan. Kedua tujuan tersebut adalah membuktikan (1) ada atau tidak perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi siswa yang diajar
menggunakan strategi mind mapping dan siswa yang diajar tanpa strategi mind mapping dan (2) keefektifan penggunaan strategi mind mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan
persuasi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-postest control group design. Variabel penelitian ada 6, yaitu 1 variabel bebas dan 5 variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 198 siswa. Teknik penyampelan
yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini 68 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Validitas instrumen dalam penelitian ini adalah expert judgement validity. Uji
reliabilitas instrumen menggunakan prosedur antarrater yang dikorelasikan menggunakan uji Interclass Correlation Coefficient. Hasil penghitungan menunjukkan besarnya reliabilitas instrumen tes menulis narasi sebesar 0,9976;
deskripsi sebesar 0,9980; eksposisi sebesar 0,9973; argumentasi sebesar 0,9981; dan persuasi sebesar 0,9981. Teknik analisis data menggunakan manova (multivariate analiysis of variance) dan dilanjutkan uji scheffe.
Hasil penghitungan uji manova menunjukkan nilai F sebesar 11, 448 sig p 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi yang signifikan antara kelompok
eksperimen dan kontrol. Hasil penghitungan uji scheffe menunjukkan nilai F sebesar 46,603 sig p 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi menggunakan strategi mind mapping lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi tanpa strategi mind mapping.Nori Purwanasari