Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:51:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-29T02:39:38Z2019-01-30T10:41:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40641This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/406412016-08-29T02:39:38ZPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
UNTUK SMP KELAS VII MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT
MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTINGPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa
(LKS) menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran probing
prompting pada materi segitiga dan segi empat. Kualitas produk pengembangan
dinilai berdasarkan: 1) aspek kevalidan, 2) aspek kepraktisan, dan 3) aspek
keefektifan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model
pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan pokok yaitu analysis, design,
development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIIB SMP Negeri 2 Kretek. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh
data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar
penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, 2) angket respons dan lembar
observasi untuk mengukur kepraktisan, dan 3) tes hasil belajar untuk mengukur
keefektifan.
Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid
ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yaitu 4,2 dari skor maksimal 5 yang berarti
baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,4 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat
baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis
ditunjukkan oleh skor rata-rata respons siswa yaitu 3,5 dari skor maksimal 4 yang
berarti baik, skor rata-rata respons guru yaitu 3,2 dari skor maksimal 4 yang
berarti baik, dan persentase hasil observasi pembelajaran 84,38 % yang berarti
baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif
ditunjukkan oleh persentase ketuntasan siswa yaitu 80% yang berarti baik.
Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan kontekstual, model
pembelajaran probing prompting, segitiga dan segi empatKartina PurnamasariHimmawati Puji Lestarihimmawatipl@yahoo.com