Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:07:04ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-03-28T03:35:16Z2019-01-29T18:35:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10302This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/103022013-03-28T03:35:16ZPENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS)
SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA
DI KELAS IV SDN PANCURANMAS Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan
menerapkan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar pada siswa kelas IV SD
Negeri Pancuranmas, Magelang Jawa Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model siklus
yang dilaksanakan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek dari penelitian
adalah siswa kelas IV SD Negeri Pancuranmas Kabupaten Magelang yang
berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan
melalui observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui
peningkatan aktivitas ketrampilan proses siswa dalam pembelajaran dengan
menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Tes
dilakukan untuk mengetahui hasil belajar berupa produk siswa dengan
menggunakan instrumen berupa tes kognitif. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Lingkungan Alam
Sekitar (PLAS) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IV SDN Pancuranmas dengan membaiknya nilai rata-rata kelas yang
didapatkan pada tiap akhir siklus. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus hanya
mencapai 6,03 meningkat menjadi 6,44 pada hasil tes di akhir siklus I, kemudian
pada tes akhir siklus II mencapai 7,31.
Kata kunci : Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar, deskriptif kuantitatif,
peningkatan hasil belajar.
Ari Pujiastuti