Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:58:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-07T02:02:42Z2019-01-30T00:47:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22732This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/227322015-07-07T02:02:42ZKEEFEKTIFAN STRATEGI
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI
SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan yang signifikan
kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa yang mengikuti pembelajaran
menggunakan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi CIRC dan (2) keefektifan
strategi CIRC dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X
SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Strategi CIRC digunakan karena memiliki beberapa
keunggulan sehingga perlu diuji coba keefektifannya.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan
desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Penentuan
kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik sample random sampling.
Berdasarkan hasil undian diperoleh siswa kelas XF sebagai kelas kontrol dan kelas
XE sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes, yaitu berupa tes menulis argumentasi. Analisis data hasil penelitian
dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk
sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis
karangan argumentasi yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran
menggunakan strategi CIRC dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa
strategi CIRC. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t
untuk sampel bebas berupa skor thitung lebih besar dari skor ttabel
(thitung = 3,317>
ttabel
= 1,990) pada taraf signifikan 5% (0,05) dan db 62. Selain itu, hasil penelitian
juga menunjukkan bahwa strategi CIRC efektif dalam pembelajaran menulis
karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Keefektifan
strategi pembelajaran CIRC dapat dilihat dari hasil uji-t untuk sampel berhubungan
yang menunjukkan bahwa skor thitung adalah sebesar 11,607 dengan db 31. Skor
thitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel
pada taraf signifikan 5% dan db
31. Skor ttabel
pada taraf signifikan 5% dan db 31 adalah 2,0315. Hal tersebut
menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar dari ttabel
(thitung = 11,607 > ttabel
=
2,0315).Ani Puji Lestari2015-07-06T06:47:16Z2019-01-30T00:47:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22727This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/227272015-07-06T06:47:16ZKEEFEKTIFAN STRATEGI
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI
SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan yang signifikan
kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa yang mengikuti pembelajaran
menggunakan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi CIRC dan (2) keefektifan
strategi CIRC dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X
SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Strategi CIRC digunakan karena memiliki beberapa
keunggulan sehingga perlu diuji coba keefektifannya.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan
desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Penentuan
kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik sample random sampling.
Berdasarkan hasil undian diperoleh siswa kelas XF sebagai kelas kontrol dan kelas
XE sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes, yaitu berupa tes menulis argumentasi. Analisis data hasil penelitian
dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk
sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis
karangan argumentasi yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran
menggunakan strategi CIRC dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa
strategi CIRC. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t
untuk sampel bebas berupa skor thitung lebih besar dari skor ttabel
(thitung = 3,317>
ttabel
= 1,990) pada taraf signifikan 5% (0,05) dan db 62. Selain itu, hasil penelitian
juga menunjukkan bahwa strategi CIRC efektif dalam pembelajaran menulis
karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Keefektifan
strategi pembelajaran CIRC dapat dilihat dari hasil uji-t untuk sampel berhubungan
yang menunjukkan bahwa skor thitung adalah sebesar 11,607 dengan db 31. Skor
thitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel
pada taraf signifikan 5% dan db
31. Skor ttabel
pada taraf signifikan 5% dan db 31 adalah 2,0315. Hal tersebut
menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar dari ttabel
(thitung = 11,607 > ttabel
=
2,0315).Ani Puji Lestari