Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:49:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-02-23T01:14:59Z2019-10-01T11:38:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47391This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/473912017-02-23T01:14:59ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016
Lokasi:
SMA NEGERI 1 SEWON
Jalan Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55187Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) semester khusus tahun 2016 telah
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sewon, Jl. Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon,
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55187 selama 2 bulan sejak tanggal 15 Juli
2016 sampai dengan 15 September 2016. PPL sebagai usaha untuk meningkatkan
efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan
kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PPL
diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam
hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan
kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan,
kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah.
PPL dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sewon. Praktikan mengajar Fisika
semester gasal di kelas X MIA 3 dan X MIA 5 dan juga mengajar pelajaran Elektro
di kelas X MIA 3, X MIA 4, X MIA 5 dan X MIA 6. Materi Fisika yang
disampaikan adalah besaran dan satuan serta penjumlahan vektor, sedangkan materi
Elektro yang disampaikan adalah komponen dasar elektro serta penggunaan
multimeter. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi
dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus
pembuatan perangkat administrasi guru.
Secara umum, pelaksanaan PPL dapat berjalan dengan baik. Adapun
hambatan yang muncul dapat diminimalisir dengan konsultasi dengan guru
pembimbing, sehingga pelaksanaan PPL dapat terlaksana dengan baik. Dengan
adanya kegiatan PPL diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata
berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses
pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan
mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi
masing-masing. Selain itu mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan
kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan
UNY.Prita Quati Prita Quati