Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:58:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-01T02:19:58Z2019-01-29T18:15:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9674This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/96742013-02-01T02:19:58ZKEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PQ4R PADA PEMBELAJARAN
KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BAHASA JERMAN
PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 1 SEDAYU BANTUL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1 ) signifikansi perbedaan
prestasi belajar kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Jerman antara
peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode PQ4R dan peserta didik
yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, dan (2) keefektifan
penggunaan met ode PQ4R pada pembelajaran kemampuan membaca pemahaman
teks bahasa Jerman di SMAN 1 Sedayu, Bantul.
Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Variabel penelitian ini
terdiri atas variabel bebas (X) berupa metode PQ4R dan variabel terikat (Y)
kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Jerman. Desain eksperimen
menggunakan Pre-Posttest Control Group. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN
1 Sedayu, Bantul. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII yang
berjumlah 315 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
simple random sampling. Jumlah anggota sampel keseluruhan berjumlah 63
peserta didik, yaitu kelas XII IPA 5 sebagai kelas eksperimen (31 peserta didik)
dan kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol (32 peserta didik). Instrumen yang
digunakan sewaktu pengumpulan data dengan tes kemampuan membaca.
Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan konstruk. Uji validitas dihitung
menggunakan uji korelasi product moment dari Pearson. Hasilnya menunjukkan
bahwa 35 dari 40 butir soal dinyatakan valid. Uji reliabilitas dihitung dengan
rumus KR-20. Nilai koefisien reliabilitas sebesar 0, 935. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 5,404 lebih tinggi
daripada t-tabel 1,677 pada taraf signifikansi α 0,05 dan db sebesar 61 sedangkan
besar tingkat keefektifannya adalah 11,68%. Kesimpulan yang diperoleh dari
penelitian ini adalah (1) ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan
kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Jerman antara peserta didik yang
diajar menggunakan metode PQ4R dan peserta didik yang diajar menggunakan
metode konvensional; (2) penggunaan metode PQ4R pada pembelajaran
kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Jerman lebih efektif dari pada
pembelajaran menggunakan metode Konvensional. Implikasi penelitian ini adalah
penggunaan metode membaca PQ4R pada pembelajaran kemampuan membaca
pemahaman dapat diterapkan pada pengajaran bahasa Jerman di SMA kar ena
terbukti efektif.
Ing Tyas Prihatini Nandang