Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:55:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-25T03:45:16Z2019-01-29T23:57:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21285This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/212852015-06-25T03:45:16ZAKOMODASI PEMBELAJARAN UNTUK SLOW LEARNER DI KELAS III SD NEGERI WIDORO KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO KULON PROGO YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang akomodasi pembelajaran untuk slow learner di kelas III SD Negeri Widoro, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Aspek yang diamati dalam akomodasi pembelajaran yaitu lingkungan belajar, cara pengajaran dan materi, tuntutan
waktu dan jadwal, serta tugas dan penilaian.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Subyek penelitian ini adalah guru kelas III SD Negeri Widoro (HD). Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Widoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III SD Negeri Widoro sudah melaksanakan beberapa bentuk akomodasi pembelajaran dalam lingkungan belajar, cara pengajaran dan materi, tuntutan waktu dan jadwal, serta tugas dan
penilaian. Dalam lingkungan belajar guru telah melakukan pengaturan dan penempatan tempat duduk slow learner, memberikan umpan balik lisan, serta memberi penghargaan verbal dan non verbal. Cara pengajaran dan materi yang
dilakukan guru yaitu menerapkan pembelajaran kelompok dan mengulang penjelasan secara lisan. Untuk memenuhi tuntutan waktu dan jadwal guru memberikan waktu tambahan bagi slow learner. Dalam tugas dan penilaian guru membuat isyarat agar slow learner memperhatikan dengan tepuk tangan dan
isyarat lisan, dalam memberikan tugas guru membaca, mengulangi, dan menyederhanakan petunjuk tugas, serta menyajikan ulangan dalam bentuk lisan dan tulisan.
Kata kunci: akomodasi pembelajaran, slow learnerWeny Prihatini