Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:00:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-18T01:41:14Z2019-01-29T23:43:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20875This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/208752015-06-18T01:41:14ZKEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA TEKS BIOGRAFI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KALORAN TEMANGGUNGPenelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan keterampilan berbicara menceritakan tokoh idola antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan media teks biografi dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media teks biografi pada siswa kelas VII SMP N 1 Kaloran Temanggung. Tujuan yang kedua yaitu menguji keefektifan penggunaan media teks biografi dalam pembelajaran berbicara untuk menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMP N 1 Kaloran Temanggung.
Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan pretest posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas (media biografi) dan variabel terikat (berbicara menceritakan tokoh idola). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas VII SMP N 1 Kaloran Temanggung dan siswa siswi kelas VII SMP N 5 Temanggung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling untuk menetukan kelompok kontrol (VII C SMP N 5 Temanggung ) dan kelompok eksperimen (VII C SMP N 1 Kaloran Temanggung). Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Validitas instrumen adalah validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas yang sepenuhnya dibantu dengan program SPSS versi 13.
Hasil penelitian ini ada dua, yaitu (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara menceritakan tokoh idola antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan media teks biografi dan siswa yang mendapat embelajaran tanpa menggunakan media teks biografi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang menunjukkan bahwa t hitung 6,53 db= 59 dan harga p= 0,00. Harga p< 0,05. (2) penggunaan media teks biografi dalam pembelajaran berbicara menceritakan tokoh idola lebih efektif daripada pembelajaran tanpa menggunakan media teks biografi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan t hitung sebesar 7,19 dengan db=31, nilai p=0,00 harga p <0,05. Hasil analisis data skor pretest dan posttest kelompok kontrol menujukkan t hitung 0,091 dengan db=28, nilai p=0,928 harga p>0,05.Ana Gustin Prihani