Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:24:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-01-31T01:32:43Z2019-10-01T11:31:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55198This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/551982018-01-31T01:32:43ZLAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang
wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini
bertujuan untuk memberikan pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk
menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapatkan dari
Universitas untuk diterapkan dalam suatu pendidikan di sekolah atau lembaga.
SMK Muhammadiyah 1 Sleman yang beralamat di Jalan Magelang Km. 13,
Panasan, Triharjo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Kode pos 55514 merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi PLT tahun
2017. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan
belajar mengajar dan memiliki berbagai karakter siswa serta kemampuan siswa dalam
bidang keahlian yang beragam.
Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan
pelaksanaan. Beberapa persiapan PLT yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi
dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran sehingga dapat
dievaluasi kondisi dari pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Pada tahap
praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu rencana
pelaksanaan pembelajaran dan media pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan
pada tanggal 18 September 2017 sampai dengan 18 November 2017. Pada tahap
pelaksanaan, mahasiswa mengajar mata pelajaran PCSPT 1 dan PCSPT 2 (Perawatan
dan Perbaikan Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga 1 dan 2) kelas XI TKR dan XII
TKR.
Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 16 kali pertemuan dan
persekolahan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman
rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang baik. Sehingga hasil dari kegiatan
PLT ini mahasiswa memperoleh pengalaman yang belum didapatkan di perkuliahan,
terutama dalam pengalaman mengajar di kelas, serta bagaimana mengola administrasi manajerial di bidang keguruan dari sebuah Lembaga Pendidikan sebagai contoh di
SMK Muhammadiyah 1 Sleman.Prianto Prianto2015-03-20T03:29:59Z2019-01-29T16:25:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6045This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60452015-03-20T03:29:59ZPENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK
OLEH PENGAWAS TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
NEGERI SE-KABUPATEN SLEMANABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan sepervisi
akademik oleh pengawas di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten
Sleman (2) untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru mata pelajaran
matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Sleman (3) untuk
mendeskripsikan besarnya pengaruh pelaksanaan supervisi akademik terhadap
kemampuan profesional guru mata pelajaran matematika di Sekolah Menengah
Atas Negeri Se-Kabupaten Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berjumlah 49 guru mata
pelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Sleman.
Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: pelaksanaan supervisi
akademik oleh pengawas dan kompetensi profesional guru mata pelajaran
matematika. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Data diambil
melalui angket, dokumentasi dan observasi. Uji validitas menggunakan rumus
Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reabilitas menggunakan Alpha
Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan supervisi akademik
oleh pengawas di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Sleman telah
berada pada kategori baik (76%) (2) Kompetensi profesional guru mata pelajaran
matematika di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten SLeman telah
berada pada kategori sangat baik (86,2%) dan (3) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas terhadap kompetensi
profesional guru mata pelajaran matematika sebesar 17,1% variansi yang terjadi
pada kompetensi profesional guru mata pelajaran matematika dapat dijelaskan
oleh pelaksanaan supervisi akademik oleh pengawas, sedangkan 82,9% lainnya
dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata kunci: Supervisi akademik, kompetensi profesional guru mata pelajaran
MatematikaPrianto Prianto