Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:13:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-11-06T08:29:22Z2022-08-18T01:58:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61122This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/611222018-11-06T08:29:22ZPengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem
Starter untuk Mata Pelajaran Pemeliharan Kelistrikan Kendaraan RinganPenelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan
multimedia interaktif pada materi sistem starter untuk mata pelajaran pemeliharaan
kelistrikan kendaraan ringan yang terintegrasi dengan perkembangan teknologi
menggunakan software authoring tool, (2) mengetahui hasil penilaian dari produk
yang dikembangkan dilihat dari aspek tampilan, program, dan interaktif penilaian
berdasarkan penilaian sikap dari respon siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation) yang dikembangkan oleh Branch. Tahap pengembangan meliputi (1)
analisis data-data yang dibutuhkan; (2) Membuat instrumen penelitian, flowchart,
dan storyboard media pembelajaran; (3) validasi intrumen penelitian; (4)
pengembangan media pembelajaran; (5) uji Kelayakan berdasarkan validasi ahli
materi dan ahli media; (6) uji coba produk kelompok kecil (terbatas); (7) analisis
dari hasil uji coba kelompok kecil; (8) revisi; (9) uji coba produk kelompok besar
(lapangan); dan (10) analisis hasil uji coba kelompok besar. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK PGRI 4
Ngawi.
Hasil penelitian pengembangan ini sebagai berikut. (1) (a) Hasil kajian
produk akhir media yang telah dikembangkan dinilai “layak” digunakan dalam
pembelajaran dengan hasil perhitungan produk sebesar rerata skor 3,36, dengan
kategori “baik”. (b) Hasil uji coba lapangan produk yang dikembangkan dinilai
“efektif” dengan hasil persentase kelayakan media pembelajaran sebesar 79,86%,
termasuk dalam kategori efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. 2) Hasil
penilaian aspek tampilan sebesar 3,13; aspek program sebesar 3,26; dan aspek
interaktif sebesar 3,19 yang semua aspek berada pada kategori “baik”. Rerata skor
akhir sebesar 3,19 dan berada pada rentang skor > 117,6 – 142,8 atau rerata skor
akhir > 2,80 – 3,40 dengan kategori kelayakan produk “baik”. Berdasarkan nilai
tersebut media pembelajaran interaktif sistem starter memenuhi unsur kemenarikan
tampilan yang baik, pengoperasian produk yang baik, dan interaktif.
Kata Kunci: Multimedia, interaktif, sistem starter.Arif Priambodo