Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:06:35ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-19T00:19:05Z2019-05-09T02:35:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25124This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/251242015-08-19T00:19:05ZPencarian Learning Trajectory Aljabar Siswa SMP KelasPenelitian ini mempunyai dua tujuan. Tujuan pertama adalah menemukan alur belajar aljabar siswa pada perkalian bentuk aljabar dan pemfaktoran persamaan kuadrat. Tujuan kedua untuk mengembangkan langkah pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan kualitatif (Developmental Research). Penelitian ini meneliti Hypothetical Learning Trajectory (HLT), yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu: (1) pembelajaran klasikal kelompok kecil yang terdiri dari enam subjek penelitian terdiri dari level rendah, sedang, dan tinggi; (2) pengerjaan tugas-tugas dilanjutkan dengan sebelum mengerjakan tugas berikutnya; (3) perbaikan pembelajaran sebagai hasil masukan dari proses tahap satu dan dua; (4) pembelajaran klasikal kelompok besar terdiri dari 35 siswa untuk perkalian bentuk aljabar, dan 71 siswa untuk pemfaktoran persamaan kuadrat; (5) pengerjaan tugas-tugas oleh siswa kelompok besar, dimana dilakukan wawancara terhadap beberapa wakil siswa.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Alur belajar aljabar siswa dimulai dari lulus KKM aritmetika kemudian mengenal konsep aljabar; mengaplikasikan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan pada bentuk aljabar dalam konteks nyata dan aljabar; menguraikan bentuk persamaan kuadrat menjadi faktornya dalam konteks nyata menggunakan ubin aljabar; dan menyusun langkah-langkah penyelesaian pemfaktoran persamaan kuadrat. (2) Pengembangan alur pembelajaran aljabar guru dimulai mengenalkan konsep aljabar dalam konteks nyata, kemudian mengaplikasikan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan pada bentuk aljabar dalam konteks nyata dan dalam aljabar, membimbing siswa menguraikan bentuk persamaan kuadrat menjadi faktornya dalam konteks nyata menggunakan ubin aljabar, dan membimbing siswa menemukan hubungan antara nilai p dan q dengan nilai a, b, dan c pada persamaan kuadrat kemudian membimbing siswa menyusun langkah-langkah penyelesaian pemfaktoran persamaan kuadrat.Maharsi Prehastuti