Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:14:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-10-23T08:11:21Z2019-10-23T08:11:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66306This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/663062019-10-23T08:11:21ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UKUR CYLINDER BORE GAUGE BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 NGAWENPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran alat
ukur cylinder bore gauge berbasis adobe flash dan mengetahui kelayakan serta
tanggapan pengguna (peserta didik) terhadap media pembelajaran alat ukur
cylinder bore gauge berbasis adobe flash.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and
development ) model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiono. Terdapat
sepuluh langkah yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data atau
informasi, 3) desain produk, 4) validasi, 5) revisi, 6) uji coba, 7) revisi, 8) uji coba
pemakaian, 9) revisi, dan 10) produksi masal. Subyek penelitian adalah peserta
didik kelas x SMK N 1 Ngawen Gunung Kidul. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dengan skala likert 5 pilihan.
Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh (1) rancangan pengembangan
media pembelajaran yaitu; (a) mengumpulkan masalah dan menggali potensi di
sekolah, (b) mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan, (c) mendesain
dan membuat media pembelajaran, (d) memvalidasi media kepada ahli, (e)
melakukan perbaikan media, (f) uji coba skala kecil pada peserta didik, (g) media
mendapat tanggapan positif peserta didik sehingga masuk pada langkah
selanjutnya, (h) uji coba skala besar pada peserta didik, (i) media mendapat
tanggapan positif dari peserta didik, (j) produksi masal agar semua dapat
mengaksesnya. (2) Kelayakan media pembelajatran alat ukur cylinder bore gauge
dari segi materi menunjukkan skor 76 dan masuk pada kategori layak, dari segi
media menunjukkan skor 79 dan masuk pada kategori layak. (3) Tanggapan
peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba produk menunjukkan
rata-rata skor 72,29 dan masuk kategori layak. Hasil tanggapan peserta didik
terhadap media pembelajaran pada uji coba pemakaian didapatkan hasil rata-rata
skor yaitu 75,72 dan masuk kategori sangat layak.Agi Prayoga