Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:25:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-10T03:37:33Z2019-01-30T07:48:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32463This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/324632016-05-10T03:37:33ZPengembangan LKPD IPA dengan Pendekatan Authentic Inquiry Learning
pada Sub Materi “Fotosintesis” untuk Meningkatkan Kemampuan Problem
Solving dan Sikap Ingin Tahu Peserta Didik Kelas VII SMPPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan LKPD IPA yang
dihasilkan dengan pendekatan Authentic Inquiry Learning; (2) mengetahui
pengembangan LKPD IPA untuk meningkatkan kemampuan problem solving
peserta didik; dan (3) mengetahui pengembangan LKPD IPA untuk meningkatkan
sikap ingin tahu peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi
model 4-D Thiagarajan, et all. Model 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu define
(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate
(penyebaran) namun tahap ini tidak dilakukan. Instrumen yang digunakan
meliputi lembar validasi LKPD, angket respon peserta didik terhadap LKPD,
lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi problem solving, soal
pretest dan posstest, angket sikap ingin tahu dan lembar observasi sikap ingin
tahu. Penelitian ini melibatkan 3 dosen ahli dan 3 guru IPA sebagai validator,
serta 33 siswa kelas VII G SMP 1 Sleman sebagai subjek penelitian. Teknik
analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Reliabilitas
kelayakan LKPD melalui Uji Borich, gain score problem solving, persentase
problem solving dan persentase sikap ingin tahu.
Hasil penelitian diperoleh (1) kelayakan LKPD IPA yang telah dihasilkan
dengan pendekatan Authentic Inquiry Learning pada sub materi “Fotosintesis” ini
termasuk dalam kategori sangat baik (A) menurut dosen ahli, guru IPA dan
peserta didik, ditinjau dari aspek kesesuaian isi, kebahasaan, penyajian dan
kegrafisan. Reliabilitas kelayakan LKPD yaitu sebesar 93,47% sehingga
memenuhi kelayakan sebagai bahan ajar. (2) LKPD IPA dapat meningkatkan
problem solving dengan hasil perhitungan gain score sebelum menggunakan
LKPD dan setelah menggunakan LKPD diperoleh nilai 0,39 dengan kategori
sedang. Persentase problem solving peserta didik melalui observasi meningkat
sebesar 15,35 % dari kategori cukup menjadi baik. (3) LKPD IPA berpotensi
meningkatkan sikap ingin tahu peserta didik yang dibuktikan dengan peningkatan
pada setiap pertemuan dari kategori baik menjadi sangat baik.
Kata kunci: LKPD IPA, Authentic Inquiry Learning, Problem Solving, Sikap Ingin TahuWulan Ambar Pratiwi