Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:17:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-11T03:11:19Z2019-01-29T23:26:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20356This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/203562015-06-11T03:11:19ZPENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI COOPERATIVE LEARNING METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PANDAKKeaktifan belajar pada mata pelajaran IPS di kelas VIII B SMP Negeri 1 Pandak masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan cooperative learning metode jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan keaktifan belajar IPS melalui penerapan cooperative learning metode jigsaw di kelas VIII B SMP Negeri 1 Pandak dan mengetahui hasil peningkatan keaktifan belajar IPS melalui penerapan cooperative learning metode jigsaw di kelas VIII B SMP Negeri 1 Pandak.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII B SMP Negeri I Pandak tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif. Sedangkan, keabsahan data dapat diketahui dengan menggunakan triangulasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila rata-rata persentase tiap indikator keaktifan belajar siswa di kelas VIII B mencapai 75% dan apabila 75% dari siswa di kelas VIII B memperoleh nilai ≥ 74 pada mata pelajaran IPS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar IPS dapat ditempuh mulai dari merancang pembelajaran menggunakan metode jigsaw hingga penerapannya yang dipadukan dengan diskusi kelas dan pemberian penghargaan. Sedangkan, hasil peningkatan keaktifan belajar IPS dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase observasi keaktifan belajar pada siklus I sampai dengan siklus III. Siklus I sebesar 57,29%, siklus II meningkat sebesar 13,28% menjadi 70,57%, dan siklus III meningkat sebesar 12,24% menjadi 82,81%. Pada siklus III rata-rata persentase tiap indikator keaktifan belajar sudah mencapai 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning metode jigsaw dikolaborasikan dengan diskusi kelas serta pemberian penghargaan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata kunci: cooperative learning metode jigsaw, keaktifan belajar, IPSRinda Dwi Pratiwi