Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:38:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2020-08-26T02:36:08Z2020-08-26T02:36:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68799This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/687992020-08-26T02:36:08ZPERBEDAAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KOHESIVITAS PESERTA
DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA
DAN PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER HIZBULWATHAN
DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri dan
kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dengan
peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler hizbul wathan di SMA
Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif yang
dilaksanakan pada bulan April 2020. Pengumpulan data menggunakan teknik
survei menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik
SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang berjumlah 120 peserta didik. Sampel uji
coba penelitian ini adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang
berjumlah 30 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri
dan kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dan
peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler hizbul wathan di SMA
Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner
dengan 48 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif
komparatif.
Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri dan
kohesivitas peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dan peserta
didik yang mengikuti ekstrakurikuler hizbul wathan. Hal ini ditunjukkan dengan
hasil uji-t diperoleh t hitung = 3,061 dan t tabel = 1,657, sehingga t hitung > t
tabel.Yoga Pratama