Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:58:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-12-21T03:46:27Z2019-01-30T15:43:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54320This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/543202017-12-21T03:46:27ZPENGEMBANGAN WEBSITE PENILAIAN FORMATIF
BERBASIS MOODLE PADA MATERI STOIKIOMETRI
UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA/MAPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1)
mengetahui langkah-langkah mengembangkan website penilaian formatif berbasis
Moodle; (2) menentukan kualitas website penilaian formatif berbasis Moodle
berdasarkann penilaian lima guru SMA/MA di Kota Yogyakarta dan peserta didik
yang dikenai ujicoba.
Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap
pengembangan terdiri dari lima tahap, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Tahap implementasi dilakukan secara terbatas kepada
10 peserta didik dari lima SMA/MA. Produk awal website penilaian formatifdinilai
oleh ahli materi, ahli media, dan peer reviewer untuk memperoleh masukan/saran
sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi I. Produk Hasil revisi I kemudian
dinilaikan kepada lima guru kimia SMA/MA sebagai reviewer dan 10 peserta didik
sebagai target ujicoba. Hasil penilaian dari reviewer dan peserta didik kemudian
dianalisis dan dilakukan revisi II berdasarkan masukan/saran yang diberikan
reviewer dan peserta didik, sehingga diperoleh produk akhir.
Hasil penelitian pengembangan ini berupa website penilaian formatifberbasis
Moodle pada materi Stoikiometri untuk peserta didik kelas X SMA/MA.
Berdasarkan penilaian reviewer diperoleh skor rata-rata 129,4 sebesar dari skor
maksimal 150 dengan persentase keidealan 86,7%, termasuk dalam kriteria Sangat
Baik (SB). Berdasarkan penilaian dari 10 peserta didik yang dikenai ujicoba
diperoleh skor rata-rata 97,9 dari skor maksimal 110 dengan persentase keidealan
89%, termasukdalam kriteria Sangat Baik (SB). Dengan demikian, website
penilaian formatif berbasis Moodle layak digunakan sebagai sarana untuk
melakukan penilaian terhadap peserta didik secara online dan sarana belajar peserta
didik pada materi Stoikiometri kelas X SMA/MA.Imam Pratama