Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:08:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-07-30T06:28:57Z2019-07-30T06:28:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64885This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/648852019-07-30T06:28:57ZPengembangan Multimedia Berbasis
Sosiokultural untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV
SD Negeri Glagah YogyakartaPenelitian ini bertujuan untuk:
berbasis sosiokultural yang layak untuk meningkatkan motivasi dan prestasi
belajar siswa kelas IV SD Negeri Glagah Yogyakarta.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Glagah Yogyakarta. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV. Penelitian menggunakan metode research
and development
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, produk multimedia berbasis
sosiokultural yang dihasilkan memiliki kelayakan dan keefektifan yang sangat
baik. Kelayakan produk dapat ditinjau dari aspek materi yang memperoleh skor
59 dengan kategori “sangat baik”, skor aspek media 71 dengan kategori “sangat
baik, skor respon guru 88 dengan kategori “sangat baik”, skor respon siswa ratarata
38,63 dengan kategori “sangat baik”. Keefektifan dapat dilihat dari angket
motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 1 dan 2 dengan signifikansi 0,000
dan 0,002 lebih kecil dari 0,05 yang artinya H
o
ditolak. Prestasi belajar siswa pada
kelas eksperimen 1 dan 2 menunjukkan signifikansi 0,000 dan 0,000 lebih kecil
dari 0,05 yang artinya H
o
ditolak.
Kata Kunci: multimedia, sosiokultural, motivasi belajar, dan prestasi belajarDewingga Fizzy Keni Pratama