Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:57:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-10-07T06:26:19Z2019-10-07T07:22:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66066This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/660662019-10-07T06:26:19ZUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 KARANGSARI, KULON PROGOPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media kantong bilangan pada siswa kelas I SD Negeri 1 Karangsari, Kulon Progo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SD Negeri 1 Karangsari, Kulon Progo yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 1 Karangsari. Saat belum diberikan tindakan, nilai pembelajaran matematika siswa kelas 1 SD Negeri 1 Karangsari hanya 11 (40,74%) siswa yang mencapai KKM. Pada kegiatan tindakan siklus I terjadi peningkatan, yaitu sebanyak 15 (55,56%) siswa yang mencapai KKM. Dan pada siklus II sebanyak 23 (85,19%) berhasil mencapai nilai ketuntasan. Nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 62,94 menjadi 82,96.Aditya PratamaPurwono PA.2019-05-24T01:30:24Z2019-05-24T01:30:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63980This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/639802019-05-24T01:30:24ZEVALUASI PASCA HUNI (EPH) PADA SISTEM SIRKULASI DI KOMPLEKS SMK NEGERI 2 KLATENPenelitian EPH ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem sirkulasi di
SMK Negeri 2 Klaten sudah menunjang proses kegiatan belajar mengajar dan
mendukung evakuasi apabila terjadi keadaan darurat.
Kajian ini menggunakan jenis evaluatif deskriptif dengan metode EPH pada
tingkatan investigatif yang diawali dengan penelusuran tentang dasar teori dan
standar tentang sistem sirkulasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengggunakan
dokumentasi, pengamatan, pengukuran, dan pengambilan data kuisioner untuk
mendapatkan data. Pengambilan data memakai pengamatan dan perekaman data
primer serta studi sekunder. Teknik analisis data menggunakan evaluatif deskriptif.
Pada hasil kajian penelitian ini menyimpulkan bahwa kondisi sistem sirkulasi
di SMK Negeri 2 Klaten; (1) Sistem sirkulasi horisontal yang ada sudah menenuhi
standar ketentuan dari Permendiknas No. 40 Tahun 2008 dan pada sirkulasi vertikal
hanya satu tangga yang memenuhi standar Permendiknas No. 40 Tahun 2008. (2)
Berdasarkan pendapat 248 responden bahwa untuk jalur sirkulasi yang ada sudah
menunjang proses kegiatan belajar mengajar. (3) Secara umum dalam perencanaan
dan operasionalnya pada jalur evakuasi tidak mendukung dari aspek kapasitas,
kenyamanan dan keamanan dalam perencanaan tindakan evakuasi pada waktu
terjadi keadaan darurat.Aditya Pratama2015-07-30T07:20:56Z2019-01-30T01:29:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24034This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/240342015-07-30T07:20:56ZKEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN
PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1
PIYUNGAN BANTUL DIYPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang
signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi
double entry journal dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan
strategi double entry journal dalam menulis cerpen. Selain itu, penelitian ini juga
bertujuan menguji keefektifan strategi double entry journal dalam pembelajaran
menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest
Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang
berupa strategi double entry journal dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis
cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan.
Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil
undian, ditetapkan bahwa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB
sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert
judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Hasil uji
normalitas dan homogenitas menunjukan data penelitian ini berdistribusi normal dan
homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan posttest
kelompok kontrol menghasilkan thitung adalah 3.606 dengan db 54 diperoleh nilai p
sebesar 0,001. Nilai p lebih kecil dari 5% (p< 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang
mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi double
entry journal dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen
tanpa menggunakan strategi double entry journal. Hasil perhitungan uji-t skor pretest
dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung 13.171 dengan db 27
diperoleh nilai p 0,000. Pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh thitung 10.115
dengan db 27 dan diperoleh p 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi double
entry journal efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII
SMPN 1 Piyungan.Aditya Pratama2015-06-15T01:25:24Z2019-01-29T23:31:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20514This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/205142015-06-15T01:25:24ZUSING COOPERATIVE LEARNING STRATEGIES TO IMPROVE READING COMPREHENSION OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS AT SMP N 1 BOROBUDUR IN THE ACADEMIC YEAR OF 2012/2013This research is aimed at improving grade VII students’ reading comprehension by using Cooperative Learning Strategies in SMP 1 Borobudur.
The research was carried out through action research. The researcher acted with the students and the English teacher as the collaborator. The subjects of the research were 32 students of Grade VIID of SMP 1 Borobudur in the academic year of 2012/2013. The data of this study was qualitative. The qualitative data were obtained by observing the teaching and learning process during the implementation and interviewing the students and the English teacher. The data were in the form of field notes, interview transcripts, and photographs. The validity of the data was obtained by applying democratic validity, outcome validity, process validity, catalytic validity, and dialogic validity. In addition, this research applied the methodological triangulation and the investigator triangulation to get trustworthiness.
The results of the two cycles show that the use of Cooperative Learning Strategies is effective to improve the students’ reading comprehension. It is supported by the qualitative data found during the action. By following the steps in Cooperative learning Strategies, they practiced to find the main ideas, the details of information, and find the meaning of the difficult words. Their interaction with other students in the group also increases. They are accustomed to having discussion with other students. Moreover, the students have a good interaction with the English teacher. They are not reluctant anymore to ask the teacher when they find difficulties. The students’ vocabulary mastery is also enhanced so they can automatically understand the reading text. Moreover, the various activities made the class atmosphere enjoyable. The group work activities improved the students’ understanding towards the materials and the teacher’s classroom management.Aditya Pratama