Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:10:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-29T01:49:16Z2019-01-30T10:43:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40712This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/407122016-08-29T01:49:16ZMETODE PEMBELAJARAN MUSIK KERONCONG DI SMK NEGERI 8 SURAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai metode pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran musik keroncong di SMK Negeri 8 Surakarta. Secara khusus penelitian ini dilakukan pada pembelajaran keroncong di kelas XI dan XII, mulai dari pembelajaran keroncong fase dasar hingga lanjut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan metode yang digunakan dalam pembelajaran musik keroncong di SMK Negeri 8 Surakarta. Key informan dalam penelitian ini adalah guru pembimbing mata pelajaran keroncong kelas XI dan XII, sedangkan yang bertindak sebagai informan adalah kepala sekolah SMK Negeri 8 Surakarta. Data diperoleh melalui wawancara, observasi kualitatif, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) sajian data, dan 3) penarikan simpulan. Untuk kemudian data diuji keabsahannya dengan 1) triangulasi teknik, dan 2) triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran keroncong di SMK Negeri 8 Surakarta yaitu ceramah, demonstrasi, latihan/drill, tanya jawab, pemberian tugas, dan presentasi,. Dari seluruh metode pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengan pembelajaran keroncong yang merupakan pembelajaran praktik. Pembelajaran keroncong dibagi dalam 4 tahap, yaitu : 1) pembelajaran musik keroncong dengan irama dasar, 2) Pembelajaran keroncong dengan irama engkel dan dobel, 3) Pembelajaran keroncong dengan lagu-lagu langgam, keroncong asli, stambul, 4) Pembelajaran keroncong lagu ekstra. Pada pembelajaran keroncong lagu ekstra guru memiliki tujuan untuk menarik minat siswa dan kalangan muda untuk lebih menyukai keroncong yang dapat dibawakan secara lebih fresh dengan membawakan lagu-lagu yang sedang hits dan disukai di kalangan anak muda.kurniawan Prasetyo