Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:24:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-15T03:36:25Z2019-01-30T12:19:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44678This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/446782016-12-15T03:36:25ZPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN MESIN & KONVERSI
ENERGI DI SMK N 2 DEPOKTujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang
menggunakan media pembelajaran aplikasi android lebih baik dibanding dengan
hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran
power point
, (2)
mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran aplikasi android
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran KMKE di SMK N 2 Depok.
Penelitian ini menggunakan metode
quasi experimental design
dengan
bentuk desain
nonequivalent control group design.
Populasi pada penelitian ini
adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Pemesinan SMK N 2 Depok
berjumlah 61 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh
populasi yaitu dua kelas dari kelas X program keahlian Teknik Pemesinan. Dari
dua kelas tersebut, satu kelas dikelompokkan menjadi kelas eksperimen (32
siswa) dan satu kelas lain sebagai kelas
kontrol (29 siswa). Kelas eksperimen
menerapkan media pembelajaran aplikas
i android dan kelas kontrol menerapkan
media pembelajaran
power point.
Pengumpulan data penelitian ini menggunakan
tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah
pretest
dan
posttest
. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengujian hipotesis yang
digunakan adalah analisis uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil perhitungan uji
t kelompok terpisah pada saat
posttest
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
kelas eksperimen sama dengan hasil belajar kelas kontrol, karena t
hitung
= 1,04
lebih kecil dari pada t
tabel
= 1,67 (t
hitung
< t
tabel
). Hal tersebut menunjukkan bahwa
penelitian ini tidak berhasil membukti
kan bahwa media pembelajaran aplikasi
android tidak lebih baik dari media pembelajaran
power point
, (2) media
pembelajaran aplikasi android memberikan pengaruh terhadap hasil belajar
kepada siswa kelas X di SMK N 2 Depok yaitu sebesar 1,91. Dengan angka positif
yang artinya rata-rata nilai
posttest
kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas
kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi android
hanya memberikan pengaruh kecil terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran KMKE.
Kata kunci: media pembelajaran,
quasi experimental design
, hasil belajarAdhi Nurcahyo Prasetyo