Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:38:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-30T07:21:15Z2022-09-08T04:33:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24300This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/243002015-07-30T07:21:15ZPengembangan Modul Prakarya dan Kewirausahaan Materi Kerajinan Berbasis Process-Oriented di SMKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul prakarya dan kewirausahaan materi kerajinan berbasis process-oriented yang layak digunakan di SMK, ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan tampilan.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D meliputi define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap develop. Penilaian produk dilakukan oleh dua orang ahli materi, seorang ahli media, dan dua orang guru prakarya dan kewirausahaan. Uji coba dilakukan kepada 42 siswa kelas X SMK Negeri 5 Yogyakarta dengan rincian: 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar pengamatan, dan tes (pretest dan posttest). Data yang diperoleh dari : (1) angket berupa data kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif, (2) lembar pengamatan berupa data kualitatif, dan (3) tes (pretest dan posttes) dianalisis menggunakan effect size dan normalized gain score yang kemudian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Modul prakarya dan kewirausahaan materi kerajinan berbasis process-oriented dalam aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan tampilan layak digunakan. (2) Menurut siswa, modul yang dikembangkan berkualitas sangat baik dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan tampilan, serta jika dilihat dari nilai skewnes distribusi data adalah normal. (3) Penerapan modul dalam proses pembelajaran secara umun dapat terlaksana. (4) Peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan modul yang dikembangkan berkategori sedang dengan rerata gain score sebesar 0,62 dan selisih nilai (effect size) 14,5 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 87%. Pembelajaran menggunakan modul juga mampu melatih kemandirian siswa dalam belajar dan mampu menumbuhkan kemampuan dalam bekerjasama.Eka rima Prasetya