Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:05:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-19T03:51:40Z2019-01-30T12:23:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44828This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/448282016-12-19T03:51:40ZPENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS 5 B SD NEGERI TEGALPANGGUNGTujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Time Token dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas 5 SD Negeri Tegalpanggung, (2) meningkatkan keaktifan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan penerapan metode Time Token Arends pada siswa kelas 5 SD Negeri Tegalpanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tegalpanggung dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 5 B yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masing-masing siklus menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan metode Time Token melalui beberapa langkah secara umum telah dilakukan guru dengan baik pada setiap langkah pembelajarannya baik pada siklus I dan siklus II. (2) peningkatan aktifitas belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Time Token terbukti dapat dilihat dalam 6 indikator yaitu: visual activities, oral activities, lisening actvities, writting activities, mental activities dan emotional activities. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 74,6%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi 86,5%.
Kata kunci : aktivitas belajar, pembelajaran IPS, metode Time TokenMuhammad Irfan Aris Prasetiya