Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:22:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-18T02:02:24Z2019-01-29T23:44:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20882This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/208822015-06-18T02:02:24ZKEEFEKTIFAN STRATEGI PEMETAAN KARAKTER CERITA TERHADAP KEMAMPUANMEMBACA PEMAHAMAN NOVEL REMAJA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NGAGLIK, SLEMAN, YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan perbedaan kemampuan membaca pemahaman novel remaja antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, (2) membuktikan keefektifan strategi Pemetaan Karakter Cerita terhadap pembelajaran membaca pemahaman novel remaja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik penyampelan yang digunakan adalah cluster random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan tes yang berupa pretest dan posttest. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Semua butir tes yang digunakan (30) valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian. Dari penghitungan tersebut, terbukti bahwa skor pretest dan posttest kedua kelompok normal dan homogen.
Berdasarkan analisis Uji-t data posttest kemampuan membaca pemahaman novel remaja kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung sebesar 2,107, p sebesar 0,039 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman novel remaja dengan menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman novel remaja tanpa menggunakan strategi Pemetaan Karakter Cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis Uji-t data
pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 10,954, dengan df=35 dan p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil daripada taraf kesalahan 0,05 (0,000<0,05). Hasil Uji-t tersebut menunjukkan bahwa strategi Pemetaan Karakter Cerita efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman novel remaja.Arum Berliana Prasanty