Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:25:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-16T04:58:31Z2019-01-30T14:51:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52155This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/521552017-08-16T04:58:31ZEFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING
CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR
KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA
NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2016 /2017Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan
motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran
menggunakan model Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang mengikuti
pembelajaran menggunakan model Children Learning In Science, (2) ada
tidaknya perbedaan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti
model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang mengikuti
model pembelajaran Children Learning In Science, apabila pengetahuan awal
kimia peserta didik dikendalikan secara statistik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor,
dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Godean yang berjumlah 1 28 peserta
didik. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik, terdiri dari dua kelas yaitu
kelas eksperimen (A4) sebanyak 32 peserta didik dan kelas kontrol (A2) sebanyak
32 peserta didik yang diambil secara purposive random sampling. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kima peserta didik,
data motivasi belajar kima peserta didik, dan data prestasi belajar kimia peserta
didik. Data dianalisis dengan uji-t beda subjek dan analisis kovarian (anakova).
Hasil perhitungan menggunakan analisis uji t-beda subjek memberikan
hasil t0 = -3,649 dan p = 0,001. Karena p < 0,05 maka ada perbedaan yang
signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti model
pembelajaran Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang mengikuti model
pembelajaran Children Learning In Science. Analisis kovarian menunjukkan
bahwa F
hitung = 106,510 dan p = 0,000 karena p < 0,05 maka ada perbedaan yang
signifikan pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti model
pembelajaran Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang mengikuti model
pembelajaran Children Learning In Science, apabila pengetahuan awal kimia
dikendalikan secara statistik. Dengan demikian, model pembelajaran Leaning
Cycle 5E efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta
didik kelas X semester 2 di SMA N 1 Godean.Wahyu Anggraini Pramusinta