Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T02:51:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-28T04:06:43Z2019-01-30T10:05:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37890This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/378902016-07-28T04:06:43ZPENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B DI SD 1 KRETEK, KECAMATAN
KRETEK, KABUPATEN BANTULABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran IPS kelas IV B SD 1 Kretek. Keterampilan sosial siswa diukur dari aspek kerja sama, sportif, dan tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD 1 Kretek yang berjumlah 25 anak. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil angket pra tindakan dari 25 siswa, diketahui bahwa keterampilan sosial siswa yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik mencapai 4 siswa (16%). Hasil siklus 1 menunjukan bahwa keterampilan sosial siswa meningkat pada kategori baik dan sangat baik menjadi 15 siswa (60%). Hasil siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan keterampilan sosial siswa pada kategori baik dan sangat baik menjadi 23 siswa (92%).
Kata Kunci: keterampilan sosial, kooperatif tipe TGT, pembelajaran IPS SDChandra Marleani Pramudyanti