Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:33:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-06T07:09:56Z2019-01-29T22:07:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18251This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/182512015-05-06T07:09:56ZKEEFEKTIFAN STRATEGI POHON CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan menyimak cerpenyang signifikan antara siswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi pohon cerita dengan siswa yang mendapat pembelajaran menyimak cerpen tanpa menggunakan strategi pohon cerita; (2) menguji keefektifan strategi pohon cerita dalam pembelajaran menyimak cerpensiswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta yang terdiri atas sembilan kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5, XI IPA 6, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Berdasarkan teknik simple random samplingditetapkan kelas XI IPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi. Validitas instrumen diperoleh melalui expert judgementdan program iteman. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen.
Analisis data pretest kelompok eksperimen diperoleh rata-rata skor 16,09 dengan p sebesar 0,059 danposttest kelompok eksperimen diperoleh rata-rata skor 21,97 denganp sebesar 0,071. Analisis data pretest kelompok kontrol diperoleh rata-rata skor 15,27 dengan p sebesar 0,203 dan posttest kelompok kontrol diperoleh rata-rata skor 18,97 dengan p sebesar 0,233. Peningkatan rata-rata skor kelompok eksperimen yaitu 5,88, sedangkan pada kelompok kontrol 3,7. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh p sebesar 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan analisis tersebut, simpulan penelitian adalah: (1) ada perbedaan kemampuanmenyimak cerpen yang signifikan antara siswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta yang mendapat pembelajaran menyimak cerpen dengan menggunakan strategi pohon cerita dengan siswa yang mendapat pembelajaran menyimak cerpen tanpa menggunakan strategi tersebut; (2) strategi pohon cerita efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak cerpensiswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta.Velania Devy Pramita